Diinisiasi Gojek dan Halodoc, Jatim buka layanan vaksinasi Covid-19 drive thru

Minggu, 28 Maret 2021 | 08:49 WIB ET
(Dari kanan) Sekkota Surabaya Hendro Gunawan, Rektor Universitas Surabaya Benny Lianto, dan VP Regional Public Policy and Government Relations Gojek Gautama Adi Kusuma saat melihat vaksinasi di Ubaya, Sabtu (27/3/2021).
(Dari kanan) Sekkota Surabaya Hendro Gunawan, Rektor Universitas Surabaya Benny Lianto, dan VP Regional Public Policy and Government Relations Gojek Gautama Adi Kusuma saat melihat vaksinasi di Ubaya, Sabtu (27/3/2021).

SURABAYA, kabarbisnis.com: Telehealth terdepan Indonesia Halodoc bersama Gojek, super app terkemuka di Asia Tenggara berkolaborasi menghadirkan pos pelayanan vaksinasi Covid-19 melalui metode drive thru pertama di Surabaya, Jawa Timur. Langkah ini sebagai bentuk dukungan dan komitmennya dalam membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Layanan ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Surabaya dan RS Husada Utama (RSHU) di Universitas Surabaya (Ubaya). Pos Pelayanan ini merupakan pos keempat setelah diresmikannya pos pertama di Kemayoran Jakarta oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin pada 3 Maret 2021 lalu kemudian berturut-turut di Cengkareng Jakarta dan GOR Pajajaran Bogor.

Tak ayal, layanan itu mendapat antusiasme masyarakat Surabaya dari kelompok lansia dalam mendapatkan vaksin. Ratusan orang terdaftar untuk mendapatkan vaksin pada hari pertama tersebut, termasuk di antaranya mitra lansia Gojek.

Plt. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM MARS mengatakan, kerja sama antara Halodoc dan Gojek tergolong sangat baik, apalagi ditambah dengan kemungkinan ekspansi ke kota-kota lain. Lokasi yang dipilih di Universitas Surabaya juga sangat cocok untuk metode drive thru karena sejuk.

"Saya harap hal seperti ini bisa dilakukan hingga akhir tahun. Saat ini kita punya tantangan vaksinasi lansia dan pelayan publik yang harus selesai di akhir Juni 2021 karena itu strategi seperti ini dapat semakin mendekatkan kita dengan target yang ingin dicapai. Saya juga mengimbau bagi Pemkot Surabaya agar target peserta dapat diperbolehkan ke daerah lain di luar Kota Surabaya," katanya di sela tinjauan ke Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 dengan metode drive thru tersebut, Sabtu (27/3/2021).

Sekretaris Daerah Kota Surabaya, Hendro Gunawan mengatakan, dengan pos pelayanan vaksinasi drive thru pertama di Jawa Timur ini, dia berharap masyarakat semakin dimudahkan untuk mendapatkan vaksinasi yang aman dan praktis. "Kami mendorong masyarakat yang ber-KTP Kota Surabaya, khususnya kalangan lanjut usia untuk divaksinasi secara gratis dengan mendaftarkan diri mulai hari ini," ujarnya.

VP Government Relations & Corporate Affairs Halodoc, Adeline Hindarto mengakui, Jawa Timur merupakan salah satu lokasi prioritas bagi Halodoc dan pembukaan Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 drive thru di Surabaya yang pertama ini tidak akan menjadi yang terakhir. "Halodoc bersama Gojek akan terus menghadirkan pos pelayanan vaksinasi di berbagai lokasi di Jawa Timur dan menyusul di kota-kota lainnya," ujarnya.

VP Regional Public Policy and Government Relations Gojek, Gautama Adi Kusuma menandaskan, sejak awal Gojek berkomitmen mendukung upaya pemerintah dengan menjadi yang pertama melakukan berbagai edukasi, sosialisasi, dan implementasi protokol kesehatan di setiap layanan Gojek dengan melibatkan  seluruh bagian ekosistem, mulai dari karyawan, mitra driver, mitra usaha, dan pengguna, sebab kesehatan dan keselamatan ekosistem merupakan prioritasnya.

Dalam kesempatan itu dia juga mengapresiasi perhatian Pemkot Surabaya yang memberikan prioritas vaksin tahap kedua kepada kelompok masyarakat usia lansia dan kelompok pekerja transportasi umum termasuk mitra driver online, yang dimulai dengan para mitra driver lansia.

"Dengan diikutsertakannya Mitra Driver Gojek dalam program vaksinasi ini maka akan membantu untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat sekaligus memberikan rasa nyaman dan aman bagi mitra dan pengguna layanan. Namun demikian, walaupun telah divaksin, Mitra Driver Gojek senantiasa mengedepankan Protokol J3K yang mengedepankan Kebersihan, Kesehatan dan Keamanan," jelasnya.

Untuk diketahui, Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 drive thru ini mampu mengakomodir hingga 1.000 vaksinasi per hari. Dibuka hari Senin hingga Sabtu dari pukul 08:00 - 16:00 WIB. Pendaftaran melalui aplikasi Halodoc maupun fitur GoMed pada aplikasi Gojek dan metode drive thru dinilai efektif mencegah kerumunan sekaligus menjaga jarak, sehingga seluruh proses dapat berjalan dengan lebih aman dan nyaman, baik bagi penerima vaksin maupun tenaga kesehatan. kbc7

Bagikan artikel ini: