New Mazda CX-3 SPORT hadirkan varian baru mesin SKYACTIV-G 1.5L, segini harganya

Senin, 29 Maret 2021 | 16:17 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI) selaku distributor resmi merek Mazda di Indonesia tampaknya kian gencar mmemperkuat penetrasi pasar melalui produk-produk baru.

Usai memperkenalkan penyegaran untuk sedan Mazda6, SUV terlaris Mazda CX-5 dan SUV termewah Mazda CX-9 di awal Maret 2021 lalu, kali ini PT EMI memperkenalkan varian terbaru dari crossover SUV andalannya yaitu New Mazda CX-3 SPORT 1.5 L. Pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2017, pada April 2020, New Mazda CX-3 2.0 L, juga sempat mendapatkan penambahan varian SPORT dan PRO di Tanah Air.

Tak sekadar menyegarkan tampilan New Mazda CX-3 SPORT 1.5 L, tapi Crossover SUV yang diimpor utuh dari Jepang ini juga mendapatkan opsi jantung pacu baru.

"Pasar SUV di Indonesia semakin ramai, terutama untuk pasar mid-size SUV bermesin 1.500 cc. Dengan keunggulan teknologi SKYACTIV yang kami miliki, kami optimis Mazda dapat bersaing di segmen yang sangat menjanjikan ini, sehingga kami membawa New Mazda CX-3 SPORT 1.5 L terbaru dengan mesin SKYACTIV-G 1.500cc yang canggih," kata Ricky Thio, Managing Director PT EMI pada press conference pengenalan New Mazda CX-3 SPORT 1.5 L secara virtual, Senin (29/3/2021).

Kini, khususnya untuk varian New Mazda CX-3 SPORT 1.5 L, PT EMI menggunakan mesin SKYACTIV-G 1.5 L yang berkapasitas 1.500cc. Mesin 4-silinder segaris yang dimilikinya berkapasitas 1.496 cc dengan limpahan tenaga puncak sebesar 111 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 144 Nm pada 4.000 rpm. Mazda tetap menggunakan transmisi otomatis SKYACTIV-DRIVE 6-speed untuk mengantarkan daya ke roda depan, sebagaimana model-model sebelumnya.

"Meskipun menggunakan mesin dengan kapasitas lebih kecil dari sebelumnya, namun New Mazda CX-3 SPORT 1.5L ini akan tetap menyuguhkan kesenangan berkendara yang sporty dan dinamis khas Mazda," tambah Ricky.

New Mazda CX-3 dengan trim SPORT 1.5L ini, juga akan mendapatkan pilihan warna eksterior baru yaitu Polymetal Grey. Tak hanya itu, untuk memperkuat kesan sporty, pada velg 18 inci yang digunakan juga akan hadir dengan warna Gunmetal yang unik. Penggunaan font baru pada badge dan juga model kunci terbaru yang dikenal dengan 7-G key fob, juga diterapkan pada New Mazda CX-3 SPORT 1.5 L.

Di bagian interior, New Mazda CX-3 tipe SPORT 1.5L mendapatkan paduan bahan kulit sintetis dan fabric yang membuatnya tampil lebih sporty. Selain itu, pada New Mazda CX-3 SPORT 1.5L ini juga mendapatkan teknologi kursi 7-G Mazda terbaru, dimana strukturnya mampu menopang tubuh pengemudi dan penumpang dengan lebih baik untuk memberikan kenyamanan saat berkendara.

Selain itu, untuk sistem koneksi pada fitur infotainment, kini juga telah mendapatkan kemampuan koneksi nirkabel dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Penggunaan fitur Head-Up Display merupakan satu-satunya dikelasnya, ditambah adanya fitur Blind Spot Monitoring, menambah keamanan pada saat berkendara, ketika kita hendak berpindah lajur. Tidak lupa juga fitur Parking Sensor yang memudahkan pengendara pada saat akan parkir.

Selain itu, untuk menambah jaminan keselamatan aktif pada saat terjadinya kecelakaan, New Mazda CX-3 SPORT 1.5 L telah dilengkapi dengan Side Airbag dan Curtain Airbag, melengkapi fitur Airbag Driver dan Penumpang yang telah ada. Keseluruhan jumlah Airbag sebanyak 6 titik pada New Mazda CX-3 SPORT 1.5 L menambah rasa aman apda saat berkendara.

PT EMI menawarkan New Mazda CX-3 dalam dua varian yaitu, varian PRO yang menggunakan mesin SKYACTIV-G 2.0 yang dibanderol Rp 339,9 juta dan varian SPORT dengan mesin SKYACTIV-G 1.5 yang dibanderol Rp 454,4 juta. Keduanya on the road (OTR) DKI Jakarta.

Beberapa pilihan warna yang tersedia saat ini untuk New Mazda CX-3 PRO 2.0L yakni Snowflake White Pearl, Jet Black Mica, Machine Grey Metallic, dan Soul Red Crystal Metallic. Sedangkan New Mazda CX-3 SPORT 1.5L yakni Polymetal Grey Metallic, Snowflake White Pearl, Jet Black Mica, Machine Grey Metallic, dan Soul Red Crystal Metallic.

Ricky menyebut, untuk kedua varian New Mazda CX-3 tersebut, PT EMI menargetkan bisa terjual 200 unit setiap bulannya secara nasional.

"New Mazda CX-3 SPORT 1.5L menjadi andalan kami untuk perluasan pasar, mengingat potensinya di Indonesia yang bagus," ujarnya.

Pasar Jawa Timur

Dalam kesempatan tersebut dia juga menuturkan, Jawa Timur menjadi pasar yang potensial bagi Mazda. Provinsi ini selama ini memberikan kontribusi sebesar 12 persen secara nasional.

"Untuk penjualan di Jawa Timur kami menargetkan untuk New Mazda CX-3 sebanyak 20 unit per bulan," ungkap Ricky yang menyebut untuk OTR Surabaya, varian New Mazda CX-3 SPORT 1.5L dibanderol Rp 356 juta per unit. kbc7

Bagikan artikel ini: