Tangki di Kilang Balongan terbakar, distribusi BBM dipastikan aman

Senin, 29 Maret 2021 | 18:41 WIB ET
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Pertamina (Persero) mengklaim kilang Pertamina masih dapat beroperasi setelah proses pemadaman kebakaran di komplek Kilang Balongan yang terjadi pada tita tamgki selesai dilakukan.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menegaskan normal shutdown atau mematikan seluruh aktivitas kilang langsung dilakukan untuk mencegah menjalarnya kobaran si jago merah. "Equipment utama dalam kilang ini tidak terdampak sebab kebakaran hanya di tangki saja. Kami berharap kilang bisa dioperasikan setelah  pemadaman," kata Nicke dalam konferensi pers virtual, Senin (29/3/2021).

Menurut Nicke, kobaran api memang masih ada, namun telah berhasil dilokalisir. Selain itu, tim juga sudah melakukan pendinginan di seputar fasilitas yang terdampak sehingga api tidak menjalar ke bagian lain. Ada 10 mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan berasal dari unit Pertamina Group serta bantuan dari pemerintah daerah Cirebon dan Indramayu.

"Kondisi terkini api telah dapat dilokasilir, jadi di tangki ada tanggul. Kami udah tangani. Kami pastikan api tidak menjalar ke area lain. Untuk mencegah api ke daerah lain, kami melakukan pendingan di area sekitar," terang Nicke.

Nicke menegaskan, dengan kejadian, Pertamina akan memastikan bahwa pasokan BBM aman. Dalam pola supply, Pertamina memiliki skenario ketika dalam kondisi harus beroperasi secara emergency sekali pun. Saat ini Pertamina mengoptimalkan produk dari kilang lain dan disalurkan langsung ke daerah yang selama ini di supply dari Balongan, yaitu daerah Jakarta dan juga Cikampek.

"Jadi kami pastikan kepada msayarakat tidak ada kendala supply BBM," tegas Nicke meski diakui terjadinya insiden kebakaran di area Kilang Balongan menyebabkan fasilitas pengolahan minyak ini dimatikan selama lima hari ke depan.

Sebagai informasi, pada pukul 00.45 WIB dini hari tadi, telah terjadi insiden yang menyebabkan terjadinya kebakaran di tangki T301G. Penyebab kebakaran belum diketahui dengan pasti, namun pada saat kejadian kondisi sedang turun hujan lebat disertai petir. Kilang yang terbakar adalah kilang Balongan yang berlokasi di Desa Balongan, Kecamatan Indramayu, Jawa Barat.kbc11

Bagikan artikel ini: