Sri Mulyani siapkan dana perubahan iklim bagi 11 daerah, ini tujuannya

Rabu, 31 Maret 2021 | 07:56 WIB ET
Menkeu Sri Mulyani Indrawati
Menkeu Sri Mulyani Indrawati

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bakal memulai program regional climate budget tagging di level daerah yang akan diujicobakan kepada 11 daerah yaitu tujuh provinsi, tiga kabupaten dan satu kota pada tahun ini.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, jika daerah juga melakukan akuntabilitas transparansi untuk mendanai climate change maka Indonesia menjadi negara yang mampu menjalankan komitmennya dalam mengatasi dampak climate change.

“Apabila pemda dan pusat mampu menunjukkan komitmen yang kredibel, transparan dan akuntabel maka kita akan memiliki kehadiran dan peranan global,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi virtual, Selasa (30/3/2021).

Menurut dia, pemerintah pusat melalui APBN, rata-rata belanja kementerian/lembaga yang berkaitan dengan perubahan iklim mencapai Rp86,7 triliun per tahun dengan 88,1% di antaranya untuk infrastruktur hijau atau green infrastructure.

“Belanja APBN ke pemda melalui transfer daerah ditujukan untuk mendukung program climate change. Kita terus memperbaiki formulasi kebijakan transfer ke daerah agar makin memberikan dukungan," bebernya.

Sri Mulyani bilang, masalah perubahan iklim atau climate change bukan hanya persoalan pihak yang berada di sektor lingkungan saja. Indonesia untuk menurunkan emisi diperlukan strategi ekonomi yang berbeda.

"Yang lebih banyak akan mengandalkan kepada teknologi-teknologi sifatnya adalah tetap bisa tumbuh namun dengan teknologi yang emisisnya lebih kecil," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: