Hari pertama kembali dibuka, bioskop di Surabaya diserbu penonton

Jum'at, 2 April 2021 | 23:22 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Puluhan bioskop di Surabaya akhirnya dibuka untuk pertama kalinya pada Jumat (2/4/2021) setelah ditutup selama masa pandemi Covid-19. Tak ayal, di hari pertama pembukaan kembali bioskop yang bertepatan dengan hari libur nasional tersebut diserbu pengunjung.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanjaan Indonesia (APPBI) Jawa Timur, Sutandi Purnomosidi menyatakan, sebanyak 400 tiket sudah terjual di hari pertama secara online di area Tunjungan Plaza (TP).

”Untuk pengunjung pada hari pertama ini, sudah ada 400 pembelian tiket melalui aplikasi M-Tix. Warga Surabaya antusias sekali ya. Kami mengapresiasi langkah Pemkot Surabaya untuk membantu menggerakkan perekonomian di Kota Surabaya,” kata Sutandi di TP 5 Surabaya, Jumat (2/4/2021).

Menurutnya, respon pengunjung ini sangat luar biasa jika dibandingkan dengan kota-kota lain. “Bahkan pengunjung bioskop di Jakarta belum seramai ini,” lanjutnya.

Sutandi juga menyampaikan apresiasinya kepada pengunjung yang tertib sesuai aturan protokol. “Mereka rela antri dan patuh protokol baru yang diterapkan ketika masuk ke bioskop, seperti mengisi data tracing melalui barcode, serta tidak ada yang membawa masuk makanan dan minuman ke dalam studio,” terangnya.

Sutandi yang juga Direktur Marketing Pakuwon Group itu menjelaskan, upaya Satgas menurunkan penyebaran Covid-19 juga dipatuhi pengunjung, misalnya dengan patuh memakai masker selama di dalam studio, serta menempati tempat duduk sesuai aturan yakni 50 persen dari kapasitas alias dengan jaga jarak.

Sebelumnya, tim penanggulangan Covid-19 Kota Surabaya telah melakukan assesmen terhadap bioskop. “Prosesnya sangat cepat, sehingga hanya 2 hari dari penandatanganan Perwali, bioskop sudah bisa dibuka,” terang Sutandi.

Pembukaan bioskop ini sesuai dengan regulasi terbaru yaitu Perwali Nomor 10 tahun 2021 Tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Rangka Pencegahan dan Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19 di Surabaya.

"Kami sangat mengapresiasi apa yang sudah Pak Wali Kota lakukan yaitu membuka kembali rumah RHU (rumah hiburan umum) di Surabaya. Ini otomatis membantu menggerakkan kembali perekonomian di Surabaya ke arah normal," katanya.

Pihaknya juga mengapresiasi Pemkot Surabaya yang telah memberi kelonggaran jam operasional pusat perbelanjaan saat ini yang kembali normal. Kondisi ini diyakininya akan mempercepat pemulihan ekonomi. "Saat ini saja jumlah pengunjung di mal-mal di bawah kelola Pakuwon sudah mencapai 80 persen dari kondisi normal. Dan saya yakin ke depan akan bergerak pulih seperti sebelum pandemi, apalagi sebentar lagi Ramadan dan Lebaran," ujar Sutandi.

Di Surabaya, beberapa pusat perbelanjaan yang sudah dibolehkan membuka kembali bioskop yakni  Tunjungan XXI, Tunjungan 3 XXI, Tunjungan 5 XXI, Pakuwon Mall XXI, Pakuwon City XXI, Royal 21, PTC XXI, Ciputra World XXI, Delta 21, Galaxy XXI, Grand City XXI, Lenmarc XXI,  Transmart Rungkut XXI, dan Transmart Ngagel XXI.

"Untuk jam operasional tentu mengikuti jam buka mall yang sudah diperbolahkan buka jam 10.00 WIB hingga 22.00 WIB. Untuk weekday akan dibuka 3 kali tayangan, sedang weekend atau hari libur nasional bioskop tayang 4 kali sehari," tandas Sutandi. kbc7

Bagikan artikel ini: