Kaset game Nintendo lawas dilelang, laku hampir Rp10 miliar

Senin, 5 April 2021 | 18:36 WIB ET

NEW YORK, kabarbisnis.com: Kaset lawas video game Nintendo Super Mario Bros laku terjual US$660.000 atau Rp9,5 miliar dalam sebuah lelang. Kaset yang dibeli pada 1986 untuk hadiah Natal tersebut masih terbungkus rapi karena terselip bertahun-tahun oleh pemiliknya.

Dikutip dari New York Times, Minggu (4/4/2021), lelang kaset tersebut dilakukan oleh Rumah Lelang Heritage yang berbasis di Dallas, AS. Harga penutupan lelang tersebut mencatat rekor terbaru yang sebelumnya terjual tahun lalu untuk seri game yang sama sebesar US$114.000.

Penjual yang menolak untuk diungkap identitasnya tersebut mengatakan, video game itu dibelinya sebagai hadiah Natal dan disimpan di laci meja. Dia mengklaim benda itu tak pernah tersentuh selama 35 tahun.

"(Kaset) itu selama ini berada di bagian bawah meja kantor sejak saya membelinya. Saya tidak pernah berpikir kalau memiliki benda itu," katanya.

Rumah Lelang Heritage menyebut, kondisi game yang terjual dalam lelang tersebut merupakan yang terbaik sejauh ini. Harga penutupan lelang itu menunjukkan minat kolektor cukup besar karena harga pembukaan dipatok US$310.000.

Dalam setahun terakhir, kaset video game yang terbungkus plastik pabrik diburu kolektor. Game-game, terutama produksi Nintendo Entertainment System menjadi incaran utama yang dijadikan investasi. kbc10

Bagikan artikel ini: