Temui sejumlah tokoh, KSP perkuat koordinasi persiapan PON XX Papua

Rabu, 7 April 2021 | 08:18 WIB ET

JAYAPURA – Kedeputian V Kantor Staf Presiden (KSP) menegaskan kembali penguatan koordinasi persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua. Kali ini, KSP langsung datang ke Papua dan menemui perwakilan Dewan Adat Papua, perwakilan Majelis Rakyat Papua, perwakilan gereja, pemerintah daerah hingga Kodam XVII/ Cenderawasih. "Kunjungan ini dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden pada Ratas persiapan penyelenggaraan PON  XX 2021, 15 Maret 2021," tutur Deputi V KSP Jaleswari Pramodhawardani, Selasa (6/4/2021).

Pada kunjungannya ini, Jaleswari menyambut baik berbagai perkembangan positif yang disampaikan dan menegaskan bahwa semua pihak tidak boleh lengah sebelum, hari pelaksanaan PON. Dia juga meminta agar dilaksanakan rapat-rapat koordinasi rutin antara K/L di Pusat dan Daerah untuk memastikan PON XX 2021 terlaksana dengan baik. “PON XX 2021 merupakan kesempatan untuk memperkenalkan luar biasanya Papua kepada kawasan dan dunia. Lebih dari sekedar perhelatan olahraga, PON XX 2021 merupakan acara yang penuh makna bagi Indonesia dan Papua,” kata Deputi V.

Jaleswari menambahkan, kehadirannya di Papua juga sesuai tupoksi KSP, yakni debottlenecking. Dalam hal ini, KSP berkoordinasi mengawal pelaksanaan dengan seluruh pemangku kepentingan. 

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono menyampaikan kesiapan Kodam XVII/Cenderawasih mendukung kesuksesan perhelatan PON XX 2021. Ignatius bilang, Kodam telah menyiapkan beberapa barak dan rumah yang berada di satuan jajaran Kodam Cenderawasih di wilayah Jayapura, Merauke dan Timika yang direnovasi menjadi standar Hotel Bintang 3.  "Selain itu Kodam Cenderawasih juga memberikan dukungan terkait transportasi selama pelaksanaan kegiatan PON,” tambah Pangdam.

Igantius juga berpesan agar para Atlet yang akan berlaga di PON XX tidak perlu khawatir untuk berjuang dan berprestasi , karena Kodam XVII/Cenderawasih dan Polda Papua sudah menjamin keamananya. "Kepada seluruh atlet yang ada di Indonesia datang, berlomba dan bertandinglah di Papua tanpa khawatir karena kami akan menjaga dan melindungi setiap individu atlet yang hadir di Papua dan mengamankan setiap event yang akan dilaksanakan pada kegiatan PON XX 2021,” tukas Pangdam.

Sementara perwakilan Dewan Adat Papua Yanto Eluai menyampaikan, masyarakat adat Papua siap mendukung PON XXI. "Sesuai prinsip "Yo Yolonggo" dalam bahasa Sentani, yang artinya kepala suku adalah pengayom, pelindung, penjaga bagi siapapun yang datang di wilayah adatnya," ujarnya.

Adapun perwakilan tokoh agama pendeta Albert Yoku dari GKI Papua menegaskan, tokoh agama akan berdoa untuk kesuksesan PON dan menggerakkan umat untuk juga mendukung kesuksesan PON, yang merupakan kehormatan bagi Papua.

Bagikan artikel ini: