Menteri Sandiaga inginkan tes GeNose ada di destinasi wisata

Sabtu, 10 April 2021 | 18:08 WIB ET
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berharap alat deteksi Covid-19 melalui hembusan nafas, GeNose diperluas di setiap destinasi wisata di Indonesia. Hal itu disampaikannya saat melakukan kunjungan ke Denpasar, Jumat (9/4/2021).

"Saya lihat GeNose ini bisa diaplikasikan di destinasi-destinasi wisata lainnya, termasuk desa wisata," kata Sandiaga dalam video yang diunggah di akun Instagram resminya @sandiuno.

Sandiaga mengaku bangga bahwa alat pendeteksi Covid-19 buatan para ahli dari Universitas Gadjah Mada (UGM) sudah mulai digunakan di Denpasar, Bali.

"Pagi ini kita patut berbangga. Alat pendeteksi Covid-19 GeNose, karya anak bangsa sudah mulai digunakan di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Kita akan terus perluas pengetesan hingga ke tiap destinasi-destinasi wisata," ujarnya.

Sandiaga mengatakan, perluasan juga tidak terhenti pada destinasi wisata prioritas saja, namun juga termasuk desa-desa wisata yang menjadi program unggulan, guna membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

"Ini adalah satu upaya untuk terus menekan angka penularan Covid-19 yakni dengan meningkatkan dan memperluas testing. Hari ini di Bali, jantung pariwisata Indonesia, kami memulai peningkatan testing di Bandara I Gusti Ngurah Rai dengan menggunakan GeNose C19," kata Menteri Sandiaga.

Dia berharap minat dan kepercayaan masyarakat untuk berwisata terus meningkat seiring dengan perluasan cakupan kawasan yang memiliki alat deteksi Covid-19, terutama kawasan pariwisata.

"Upaya yang dilakukan Kemenparekraf tidak berhenti sampai di sini untuk menekan angka penyebaran Covid-19 dan meningkatkan kepercayaan wisata. Kami berharap ini bisa menebar semangat untuk para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, membuka peluang usaha dan lapangan kerja," ujarnya. kbc10

Bagikan artikel ini: