Jelang Ramadan, Pertamina pastikan stok BBM dan LPG aman

Senin, 12 April 2021 | 22:25 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Menyambut Bulan Suci Ramadan, PT Pertamina Sub Holding Commercial & Trading (C&T) PT kembali hadir untuk mendistribusi, melayani, serta mengedukasi dan berbagi.

Corporate Secretary PT Pertamina Sub Holding C&T, Putut Andriatno memastikan stok bahan bakar minyak (BBM), LPG, dan Avtur dalam kondisi aman. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata ketahanan stok per 6 April 2021 untuk BBM mencapai 25 hari, LPG 18 hari, dan Avtur 66 hari. "Rata-rata ketahanan stok ini menunjukkan bahwa kami siap menyediakan kebutuhan energi masyarakat menjelang Bulan Ramadan," tambah Putut dalam siaran resmi yang diterima kabarbisnis.com, Surabaya, Senin (12/4/2021).

Putut melanjutkan, selain memastikan ketahanan stok, Pertamina juga telah menyiapkan antisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat selama menjalankan ibadah puasa hingga Hari Raya Idul Fitri. Selain antisipasi, kondisi di lapangan setiap harinya juga dipantau oleh Tim Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI).

"Memastikan stok dan antisipasi yang dibuat sesuai dengan kebutuhan masyarakat di lapangan, Tim Satgas RAFI sudah akan menjalankan amanahnya sejak April hingga Mei 2021. Tim Satgas kami akan memastikan ketersediaan energi aman sepanjang Bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1442 H," jelas Putut.

Untuk mendukung layanan selama periode RAFI, Program Pertamina Mendistribusi menyiagakan 114 Fuel Terminal (FT) dan Integrated Terminal (IT), 23 Terminal LPG, 667 Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE), serta 68 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) yang tersebar diseluruh Indonesia. Selain itu, 7.469 SPBU Reguler maupun tambahan, 4.972 agen LPG dan 223.332 outler LPG PSO atau subsidi maupun LPG NPSO juga siap melayani seluruh kebutuhan masyarakat.

Mendukung fasilitas dan layanan yang sudah ada, Program Pertamina Melayani juga disiapkan dalam bentuk berbagai tambahan fasilitas pelayanan menjelang Hari Raya Idul Fitri seperti 152 mobil tanki siaga, 224 motoris siaga, 29 unit Pertashop, 2 titik mobile dispenser, dan layanan transaksi Non tunai di seluruh titik layanan SPBU.

"Meskipun dalam kondisi pandemi dan adanya larangan mudik, antisipasi tetap kami siapkan agar pelayanan dan kebutuhan energi masyarakat dapat terpenuhi dengan baik. Pertamina juga terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait memastikan proses penyaluran BBM, LPG, dan Avtur berjalan dengan baik," ucap Putut.

Putut melanjutkan, Program Edukasi dan Berbagi juga terus dilanjutkan Pertamina. Program tersebut antara lain promo Perta Series dan Dex Series dengan aplikasi MyPertamina, Program Langit Biru (PLB), Pertamina Delivery Service (PDS), harga khusus refill dan trade in Bright Gas, dan promo pembelian produk Lubricant.

Untuk Program Berbagi, selain memastikan seluruh sarana fasilitas layanan Pertamina sudah menerapkan protokol kesehatan, Pertamina juga membagikan masker gratis dan memberikan bantuan untuk masjid, mushala, atau panti asuhan yang membutuhkan. Pertamina Call Center (PCC) 135 dan layanan social media juga akan selalu siap sedia melayani sekaligus berbagi informasi mengenai seluruh layanan Pertamina.

"Dengan seluruh persiapan ini, masyarakat tidak perlu khawatir, ketersediaan dan pelayanan energi akan kami lakukan dengan baik. Mari kita sambut Bulan Suci Ramadan dengan penuh Syukur. Bagi saudara-saudara muslim di tanah air, Pertamina sampaikan selamat menunaikan ibadah puasa, tetap patuhi protokol kesehatan, semoga kita bisa menjalankan puasa tahun ini dengan baik dan menggapai keberkahannya," tutup Putut.kbc6

Bagikan artikel ini: