Sabar! Indonesia masih belum diizinkan berangkatkan jemaah umrah

Rabu, 14 April 2021 | 11:00 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Agama menegaskan bahwa jemaah umrah asal Indonesia masih belum diizinkan untuk melakukan perjalanan ibadah ke Arab Saudi.

Meski Arab Saudi telah kembali membuka pelaksanaan ibadah umrah di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Namun, Indonesia masih termasuk dalam negara yang belum dibuka untuk masuk ke Arab Saudi.

"Belum (dibuka), sejak 3 Februari termasuk salah satu dari 20 negara (yang aksesnya ditutup)," ujar Arfi Hatim, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, Kementerian Agama seperti dikutip, Selasa (13/4/2021).

Kebijakan tersebut dibuat dalam rangka penanganan Covid-19 di Arab Saudi. Sebelumnya kasus positif Covid-19 di Arab Saudi menunjukkan peningkatan.

Sebagai informasi, Kementerian Haji dan Umroh Kerajaan Arab Saudi telah memutuskan untuk membuka penyelenggaraan ibadah umrah. Namun hal itu dibuka secara terbatas dengan perizinan ketat.

Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali menyebut pendaftaran e-visa umrah bisa dilakukan melalui aplikasi Eatamarna dan Tawakalna.  Aplikasi ini tetap terbuka dan dapat diakses oleh penyelenggara umrah untuk negara yang diizinkan jemaahnya masuk ke Arab Saudi. 

Calon jemaah umrah yang akan mendaftar, lanjut Endang, diwajibkan sudah divaksin. Selama di Arab Saudi, mereka juga diharuskan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Untuk pembatasan usia jemaah umrah, masih diberlakukan 18 - 60 tahun, kecuali bagi warga Saudi menjadi sebelum 70 tahun," ungkapnya. kbc10

Bagikan artikel ini: