Ikuti Hanover Messe 2021, PAL kenalkan inovasi teknologi di pembangkit listrik terapung

Rabu, 14 April 2021 | 16:41 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT PAL Indonesia (Persero) terpilih sebagai 1 dari 13 BUMN yang menjadi Co–Exhibitor pada pameran Hannover 2021 Digital. Dalam pameran berskala internasional tersebut, PT PAL memamerkan  inovasi teknologi industri yaitu Dual Fuel Barge Mounted Power Plant (BMPP) yang merupakan pembangkit listrik terapung yang dikembangkan bersama dengan PT Indonesia Power. 

"Pembangkit listrik terapung yang dapat beroperasi dengan diesel (MFO ) dan LNG ini memiliki beberapa keunggulan yang cukup banyak," terang Kepala Divisi Hubungan Masyarakat  PT PAL (Persero) Indonesia Utario Esna Putra di Surabaya, Rabu (14/4/2021)

Beberapa keunggulan tersebut diantaranya adalah  menggunakan proven & robust design, memiliki pemakaian lahan yang minimalis dengan draft yang kecil sehingga dapat dioperasikan di perairan dangkal dan daerah terpencil; bersifat mobile sehingga mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain termasuk bila dibutuhkan pada kondisi darurat saat kejadian bencana alam.

"Partisipasi PT PAL Indonesia (Persero) sebagai Co-Exhibitor Hannover Messe 2021 ini akan membuka peluang untuk melakukan National Branding sebagai satu kekuatan baru solusi elektrifikasi dunia," tambahnya.

Lebih lanjut ia bercerita, PT PAL Indonesia (Persero) yang sudah  sejak 1980, berupaya melakukan langkah besar untuk memasuki industri global bidang pertahanan. Dengan posisinya sebagai lead integrator alutsista matra laut, maka pada masa mendatang PT PAL (Persero) akan terus meningkatkan kemampuannya untuk dapat berperan dalam driving synergy to global maritime access. 

"Peran penting dari PT PAL Indonesia (Persero) ini akan membawa industri maritim Indonesia pada pasar maritim global. Keikutsertaan PT PAL Indonesia (Persero) dalam ajang bergengsi berskala internasional ini juga merupakan langkah untuk memasuki pasar global," ujar Utario.

Seperti diketahui, Hannover Messe adalah salah satu pameran teknologi dan perdagangan terbesar dunia yang berfokus pada isu teknologi terkini, solusi industri manufaktur dan implementasi teknologi dalam revolusi industry 4.0 yang telah berjalan selama 74 tahun. 

Tahun ini, Hannover Messe 2021 diselenggarakan secara virtual dari Jerman. Dibuka secara langsung oleh Kanselir Jerman Angela Markel dan dihadiri secara virtual oleh Presiden Indonesia Joko Widodo, Penyelenggaraan Hannover Messe 2021 diselenggarakan pada 12 April - 16 April 2021.

Indonesia merupakan negara pertama di ASEAN yang berkesempatan menjadi official partner country Hannover Messe 2021. Pameran ini diikuti oleh 1.784 perusahaan di seluruh dunia dan Indonesia diwakili oleh 156 perusahaan termasuk PT PAL Indonesia (Persero) yang merupakan BUMN Industri Pertahanan di bidang matra laut. kbc6

Bagikan artikel ini: