Sandi targetkan 23,8 juta pelaku parekraf sudah divaksin dalam setahun

Senin, 19 April 2021 | 09:29 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno menargetkan sebanyak 23,8 juta atau 70 persen dari 34 juta pelaku parekraf bisa dilakukan vaksinasi Covid-19 dalam satu tahun.

"Kalau 70 persen (dari 34 juta) kami punya program 12 bulan, dari 13 Januari sampai Januari atau kuartal pertama tahun depan," kata Sandi di sela vaksinasi pelaku ekraf yang berlangsung di Graha Persahabatan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Sabtu (17/4/2021).

Dia menjelaskan, 34 juta pelaku parekraf terdiri dari 12-13 juta pelaku pariwisata dan 20-21 juta pelaku ekraf. Vaksinasi untuk pelaku pariwisata akan diprioritaskan di wilayah Bali, Jabodetabek, dan Kepualauan Riau.

Sementara itu, vaksinasi untuk pelaku ekraf akan diprioritaskan di wilayah Jawa Barat, Yogyakarta, Solo, Semarang, dan Bromo Tengger Semeru (Jawa Timur). Sandi sendiri mengaku sudah berdiskusi dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan menerima arahan dari Presiden Joko Widodo terkait vaksinasi tersebut.

"Untuk Bali kami ingin sebelum Juni-Juli, tapi Jabodetabek dan Yogyakarta juga kami prioritaskan. Kami ingin ini semua bisa dilakukan dalam jangka waktu tidak terlalu lama, 6 bulan ke depan," kata Sandi.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dab Ekonomi Kreatif Neil El Hilman menjelaskan angka 34 juta pelaku parekraf didapat dari Badan Pusat Statistik. Untuk kawasan Jabodetabek terdapat 50 ribu pekaku pariwisata dan 25 ribu pelaku ekraf.

"Hari ini kick off, selanjutnya akan dilanjutkan teman-teman Dinkes DKI. Nanti Kadis Parekraf akan buka link di situs resmi jadi pelaku parekraf bisa daftar mandiri," kata Hilman.

Sebagai informasi, Kemenparekraf bekerja sama dengan Kemenkes dan pihak swasta menggelar vaksinasi terhadap sekitar 120 pelaku ekonomi kreatif pada hari ini. Sampai saat ini, selebritas seperti Arya Saloka, Armand Maulana, Nia Dinata, dan Surya Saputra sudah divaksinasi. kbc10

Bagikan artikel ini: