Sinopharm bakal tiba, vaksinasi mandiri segera dilakukan

Selasa, 20 April 2021 | 09:03 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Bio Farma (Persero) menyatakan jika vaksin Sinopharm asal China akan tiba dalam waktu dekat ke Indonesia. Vaksin tersebut akan digunakan untuk vaksinasi mandiri atau gotong royong.

Beredar kabar jika vaksin Sinopharm tiba di Indonesia pada pekan keempat April 2021. Meski begitu, Juru Bicara dan Sekretaris Perusahaan Bio Farma, Bambang Heriyanto menyebut, waktu kedatangan vaksin masih bersifat tentatif.

"Sinopharm dialokasikan untuk vaksin Gotong Royong mas. Akhir April (2021) masih tentatif," ujar Bambang seperti dikutip, Senin (19/4/2021).

Pemerintah sendiri telah menetapkan regulasi vaksinasi Covid-19 jalur mandiri atau gotong royong yang dilakukan oleh pihak swasta. Aturan tersebut dibukukan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021.

Dalam beleid itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, menetapkan batas harga vaksin yang dilakukan oleh pelayanan kesehatan milik masyarakat atau swasta. Batas harga itu akan ditetapkan lewat peraturan teknis selanjutnya.

Aturan itu juga menegaskan bahwa swasta wajib membeli vaksin mandiri ke pemerintah atau BUMN. Sementara proses vaksinasi ke karyawan akan dilakukan secara gratis.

Sementar itu, distribusi vaksin Covid-19 ke daerah dan fasilitas pelayanan kesehatan dilakukan melalui Bio Farma selaku Holding BUMN Farmasi. Dalam menjalankan penugasan tersebut, Bio Farma bisa melibatkan atau bekerja sama dengan pihak ketiga.

"Skema pendistribusian merujuk Permenkes Nomor 10 tahun 2021, dilakukan oleh Bio Farma ke Faske bisa bekerjasama dengan pihak ketiga," tutur dia.

Dalam catatan pemerintah, pihak swasta membutuhkan 7,5 juta dosis vaksin. Meski begitu, pemerintah baru bisa menyediakan 3,5 juta dosis bulan ini. Targetnya, vaksinasi mandiri juga dilakukan usai pengiriman sudah dilakukan. kbc10

Bagikan artikel ini: