Proyek jalan tol Kediri-Kertosono mulai digarap usai Lebaran

Selasa, 20 April 2021 | 12:53 WIB ET

KEDIRI, kabarbisnis.com: Proyek Tol Kediri-Kertosono sepanjang 20,75 kilometer (km) rencananya bakal mulai digarap usai Lebaran 2021. Jalan tol yang masuk Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut akan terhubung dengan Bandara Kediri.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menyebut, Pemkab Kediri mendukung penuh pembangunan jalan tol yang menghubungkan Kabupaten Kediri dan Nganjuk tersebut.

"Kami pasti akan men-support (mendukung) pembangunan jalan tol ini, memastikan tidak ada yang bermain dalam pembebasan tanah," katanya di Kediri, Senin (19/4/2021).

Setelah lebaran, kata Hanindhito, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Pemkab Kediri dan Pemkab Nganjuk menggelar sosialisasi lewat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). 

Untuk wilayah Kabupaten Kediri, tol itu direncakanan berdampak pada 5 desa di 2 kecamatan. Di Kecamatan Grogol berdampak pada Desa Bakalan sementara Kecamatan Banyakan ada 4 desa yakni Ngeblak, Maron, Banyakan dan Sendang.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan membangun jalan tol tersebut. Hanindhito memperoleh informasi proses pengerjaan memakan waktu antara 18-24 bulan. 

"Berdasakan estimasi, di Kabupaten Kediri terdapat kurang lebih 39 hektare lahan yang dibutuhkan untuk pengerjaanny, dengan total panjang keseluruhan jalan tol Kediri-Kertosono mencapai lebih dari 20 kilometer," katanya. kbc10

Bagikan artikel ini: