Dorong ekspor produk UMKM, Garuda bakal beri diskon 50 persen

Rabu, 21 April 2021 | 10:57 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Maskapai nasional Garuda Indonesia berkomitmen untuk mendorong pengembangan ekspor khususnya produk yang dihasilkan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Langkah itu diwujudkan dengan dijajakinya kerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM untuk layanan mengirimkan produk ekspor UMKM Tanah Air. Garuda Indonesia berencana memberikan potongan harga 50 persen untuk setiap satu ton produk UMKM yang dikirim ke luar negeri.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan sudah berdiskusi dengan Menkop UKM, Teten Masduki, mengenai rencana tersebut.

"Saya dan pak Teten akhirnya sepakat dan kami masih menunggu, karena Kemenkop UKM butuh waktu untuk berinisiatif bersama. Kita belum sign tapi sudah ada kesepakatan secara verbal," tutur Irfan dalam konferensi 500K Eksportir Baru "Memacu Ekspor UMKM" pada Selasa (20/4/2021).

Kesepakatan ini diharapkan membantu UMKM yang belum mampu mengirimkan produknya dalam jumlah besar ke luar negeri. Nantinya, Kemenkop UKM yang akan memilih produk yang akan dikirimkan tersebut.

"Untuk setiap penerbangan, satu ton barang dan produk-produk UMKM yang dipilih dan ditentukan sendiri oleh Kementerian UKM, kita beri diskon 50 persen. Toh, pesawatnya juga terbang, tidak diisi (satu ton) juga pesawatnya terbang," tuturnya.

Namun demikian, dia belum bisa memastikan kapan kerja sama ini akan diimplementasikan. Namun, katanya, kemungkinan akan dipilih satu atau dua provinsi untuk uji coba.

Rencana ini akan diimplementasikan untuk ekspor di jalur-jalur penerbangan internasional Garuda, seperti Belanda, Hong Kong, Taiwan, China, dan Australia.

"Ini upaya kami untuk mempromosi dan membesarkan UMKM. kita semua butuh kesabaran untuk eksekusinya," kata Irfan. kbc10

Bagikan artikel ini: