Jasa Marga pastikan layanan jalan tol tetap optimal saat larangan mudik

Kamis, 22 April 2021 | 13:02 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pelarangan mudik Lebaran pada periode 6-17 Mei 2021 mendatang dinilai akan mempengaruhi arus lalu lintas kendaraan (trafik) di ruas tol.

Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk  Subakti Syukur mengatakan, dengan adanya pelarangan mudik di tahun ini, harus diakui bahwa terdapat potensi penurunan volume lalu lintas kendaraan saat periode Lebaran nanti. 

Hanya saja, dia tidak menyebutkan berapa besar potensi penurunan trafik tersebut, termasuk ruas tol mana saja yang berpeluang mengalami penurunan trafik. Yang terang, ia yakin bahwa sentimen tersebut tidak mempengaruhi target kinerja JSMR di tahun ini.

Sejak awal tahun 2021 hingga pertengahan Maret 2021, JSMR mengalami penurunan lalu lintas harian rata-rata sekitar 3% dibandingkan kondisi di kuartal IV-2020 lalu.

Guna menghadapi Lebaran 2021, JSMR tetap fokus memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan standar pelayanan minimum serta selalu mengutamakan aspek keamanan dan keselamatan pengguna jalan tol. JSMR, anggota indeks Kompas100 ini, juga berkomitmen mendukung upaya pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di area ruas tol yang dikelola perusahaan pelat merah tersebut.

"Kami menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada seluruh aktivitas pelayanan di jalan tol, termasuk di rest area," kata Subakti, Rabu (21/4/2021).

Lebih lanjut, Subakti memastikan bahwa rencana pengoperasian sejumlah ruas tol baru tetap sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Pada 1 April lalu misalnya, JSMR telah mengoperasikan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Jalan Tol Serpong-Cinere seksi I Serpong-Pamulang yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. "Saat ini ruas tol tersebut beroperasi tanpa tarif sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat," imbuh dia.

Sementara itu, proyek JSMR lainnya di tahun ini yang ditargetkan rampung antara lain Jalan Tol Balikpapan-Samarinda seksi I Balikpapan (kilometer 13)-Samboja sepanjang 22,03 km dan seksi V Sepinggan-Balikpapan (Km 13) sepanjang 11,09 km serta Jalan Tol Manado-Bitung seksi II B Danowudu-Bitung sepanjang 12,65 km. kbc10

Bagikan artikel ini: