Menkes sebut stok vaksin Covid-19 cukup untuk 20 hari lagi

Sabtu, 24 April 2021 | 11:43 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan, hingga saat ini Indonesia sudah mendapatkan 26,2 juta dosis vaksin Covid-19. Dari jumlah tersebut, sekitar 18 juta dosis sudah disuntikkan sehingga masih tersisa 8 juta dosis.

"Jadi sekarang kita masih ada stok sekitar 8 juta dosis, dimana stok 8 juta dosis ini, 3 juta dosis merupakan produksi baru dari Bio Farma yang segera akan kita kirim ke daerah," ujar Budi seperti dikutip, Jumat (23/4/2021).

Ditambahkannya, laju penyuntikan saat ini sudah sekitar 350.000 hingga 400.000 per hari. Dengan lanjut penyuntikan tersebut dan dengan stok vaksin yang tersedia, dia memperkirakan stok tersebut akan cukup untuk 20 hari.

"Agak mepet sebenarnya karena memang siklus produksi Bio Farma untuk setiap kali menerima bahan baku itu 1 bulan, jadi kita masih punya kira-kira 20 hari stok suntik," ujarnya.

Adapun, Budi juga menyebut dari 426 juta dosis vaksin Covid-19 yang ingin didapatkan Indonesia, sudah ada 225 juta vaksin yang telah terkonfirmasi dan tinggal menunggu jadwal pengiriman.

Meski begitu, Budi tak menampik jadwal pengirimannya masih bisa mengalami perubahan, karena berkaitan dengan masalah produksi, logistik hingga prioritisasi dari negara-negara produsen.

"Sisanya masih kita buat sebagai opsi, karena kita masih menunggu apakah vaksin gratis dari GAVI bisa lebih banyak dari sekarang sudah commit 11 juta," kata Budi. kbc10

Bagikan artikel ini: