Kemenparekraf gratiskan 8 ribu UMKM daftarkan produk dan mereknya

Selasa, 27 April 2021 | 09:59 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meminta agar para pelaku Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mendaftarkan produk dan mereknya sebagai kekayaan intelektual.

Pendaftaran itu dimaksudkan agar produk dan merek yang telah dibuat oleh para UMKM tidak bisa ditiru dan diambil desainnya oleh para pelaku usaha lainnya.

"Jadi kami (Kemenparekraf), sadar sepenuhnya bahwa kekayaan intelektual atas implementasi ide-ide usaha UMKM harus jadi prioritas, harus kita lindungi," ujar dia dalam sebuah webinar secara virtual, Senin (26/4/2021).

Pihaknya juga telah mengeluarkan program agar para UMKM bisa mendaftarkan produk dan mereknya secara gratis di Kemenparekraf. Tercatat ada 8.000 kuota UMKM telah disiapkan dalam mendaftarkan produk dan merek secara online.

"Insha Allah teman-teman dari daerah semua kita beri akses UMKM mendaftarkan produk-produk ekonomi kreatifnya pada kekayaan intelektual, semoga program ini UMKM bisa bangkit," ungkap dia.

Dia meminta agar para UMKM memperluas pasarnya dengan memasarkan produknya di platform online. "Kami akan lakukan digitalisasi on boarding dalam perluasan pasar pengelolaan usaha dan sistem pembayaran," tutur dia. kbc10

Bagikan artikel ini: