Pemerintah klaim ada sinyal positif pemulihan ekonomi, apa saja?

Kamis, 29 April 2021 | 07:28 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah mengklaim adanya sinyal positif yang menandakan ekonomi sudah mulai pulih. Dari sisi pengeluaran, berbagai leading indicator sebagai komponen pertumbuhan ekonomi menunjukkan tren pemulihan. 

"Mulai indeks keyakinan konsumen di Maret naik cukup tinggi ke level 93,4. Kemudian, penjualan mobil terdorong dengan berbagai kebijakan pemerintah, naik tinggi di Maret ke level 28,2," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso dalam webinar, Rabu (28/4/2021). 

Susiwijono menjelaskan, pendorong naiknya penjualan mobil yakni dengan stimulus relaksasi Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM). 

"Sebagaimana kita ketahui, kebijakan insentif PPnBM meningkatkan penjualan otomotif sampai 72,6 persen month to month," katanya. 

Selain itu, penjualan properti juga melesat, di antaranya dengan adanya insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN). 

"Demikian juga properti, informasi dari REI (Real Estat Indonesia) kemarin (penjualan) naik 39,6 persen. Saya pikir di Maret dan April ini bagus untuk indikator konsumsi, terus memberikan sinyal positif," pungkas Susiwijono. kbc10

Bagikan artikel ini: