Potensial, ini strategi Viva Cosmetics perkuat pasar kaum milenial

Kamis, 29 April 2021 | 13:30 WIB ET
Direktur Distribusi Viva Cosmetics Indonesia Timur, Yusuf Wiharto (kiri) bersama Brand Ambasador Viva Muda, Nadya Wulan.
Direktur Distribusi Viva Cosmetics Indonesia Timur, Yusuf Wiharto (kiri) bersama Brand Ambasador Viva Muda, Nadya Wulan.

SURABAYA, kabarbisnis.com: Segmen anak muda atau milenial menjadi pasar potensial bagi produk kosmetik. Segmen ini dinilai memiliki ceruk pasar yang besar atau sekitar 55 persen. Tak heran pabrikan pun berebut segmen ini. Salah satunya Viva Cosmetics.

Direktur Distribusi Viva Cosmetics Indonesia Timur, Yusuf Wiharto mengatakan, generasi milenial merupakan orang-orang dengan usia produktif sekaligus konsumen yang mendominasi pasar. "Nah, ini menjadi ceruk pasar yang menjanjikan. Tidak hanya untuk saat ini, tetapi juga di masa yang akan datang," katanya pada acara Viva Muda 1st Anniversary di Surabaya, Rabu (28/4/2021).

Viva Muda merupakan salah satu terobosan PT Moga Djaja selaku Distributor Viva Cosmetics Wilayah Indonesia Timur dalam memperluas pangsa pasarnya, khususnya kaum milenial.

Apalagi di era pandemi saat ini, menurut Yusuf, diperlukan adanya strategi khusus untuk mempertahankan kinerja perusahaan. Salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital saat ini. "Perkembangan teknologi sudah sangat pesat. Kita tidak boleh ketinggalan. Kita harus berjalan bahkan berlari bersamanya," ujarnya.

Yusuf Wiharto mengatakan, Viva Muda dibentuk saat awal pandemi Covid-19 tahun 2020 lalu, dimana pada saat itu banyak kegiatan yang harus dilakukan secara online. Sehingga 6 orang pendiri Viva Muda pun merumuskan Viva Muda untuk bisa mewadahi anak muda tetap berinovasi ke arah digital meski di tengah pandemi. Mereka pun berpikir bagaimana agar anak muda bisa memiliki pemikiran positif di masa-masa yang sulit seperti pandemi saat ini.

"Dulu kita mengawali Viva Muda ini dari First Virtual Fashion Show, menggunakan greenscreen, digitalisasi, Dari situ ayo gimana ini, dari situ fahion desainer mengikuti jejak kita, sempat putus asa semua pada waktu itu," ujar Yusuf.

Untuk perluasan pasar pun, akhirnya dikembangkan official store Viva Cosmetics di berbagai market place yang ada saat ini. Mulai dari Lazada, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli hingga JD.ID. "Saat ini yang harus kita lakukan adalah mendekatkan market atau pasar kepada mereka para generasi muda. Bukan sebaliknya menarik mereka untuk datang ke pasar. Oleh karena itu, diperlukan suatu outlet digital yang mudah diakses dimana pun dan kapan pun mereka suka," imbuh Yusuf.

Tidak hanya itu, Yusuf menambahkan, pihaknya juga memanfaatkan beragam platform digital seperti Youtube, Instagram, TikTok dan website sebagai media komunikasi dengan generasi milenial. Apalagi, generasi milenial kini nyaris mengalokasikan waktunya untuk senantiasa online selama 24 jam setiap harinya. Oleh karena itu, Yusuf menilai diperlukan adanya bentuk komunikasi yang akrab, namun tidak memaksa dan tidak menggurui generasi ini.

"Di sana kami menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kreatifitas anak-anak muda sekaligus sebagai sarana product knowledge kami," katanya.

Salah satunya dengan menyelenggarakan kompetisi makeup secara virtual. "Dalam kompetisi tersebut peserta wajib menggunakan produk-produk kami. Nah dari situ, peserta akhirnya tahu bagaimana produk kami," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Brand Ambasador Viva Muda, Nadya Wulan mengungkapkan, potensi yang bisa digarap dari generasi milenial sangat besar. Tidak hanya terkait dengan kosmetik tetapi banyak kegiatan lain, seperti fashion show, talk show, podcast ataupun story telling.

"Masih banyak kegiatan lain yang bisa kami lakukan. Jadi nantinya Viva Muda akan menjadi sebuah komunitas besar sebagai wadah bagi generasi milenial mengembangkan potensi diri mereka dalam bidang apapun. Sehingga, daya kreatifitas mereka dapat terus tersalurkan dengan optimal," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Viva Cosmetics juga meluncurkan beberapa produk baru. Mulai dari produk perawatan rambut berupa Viva Herbacare Conditioner, produk dekoratif berupa Perfect Lutre eye Shadow hingga produk skincare berupa Advance Night Cream. kbc7

Bagikan artikel ini: