Kenali ciri-ciri ponsel iPhone 11 Pro Max asli atau HDC dengan 4 hal ini

Senin, 3 Mei 2021 | 13:12 WIB ET

KITA seringkali mendengar istilah tiruan, KW dan replika untuk suatu barang yang dinilai tidak asli. Dalam dunia ponsel sendiri kita mengenal istilah HDC atau High Detailed Copy. Sama seperti KW dan replika, HDC merupakan istilah untuk sebuah produk yang mempunyai penampilan seperti aslinya tapi produknya sejatinya palsu.

Penyebaran ponsel HDC ini memang tidak lepas dari cukup banyak peminat ponsel tiruan ini. HDC seringkali dijadikan alternatif oleh orang yang ingin memiliki hp flagship dan salah satu ponsel yang kena tiruan adalah iPhone 11 Pro Max.

Harga iPhone 11 Pro Max yang asli memiliki harga di kisaran Rp 20 jutaan. Sedangkan untuk yang versi HDC dijual dengan harga mulai Rp 1,5 jutaan.

Adanya ponsel HDC ini sebenarnya memiliki dampak yang merugikan, terutama kepada orang yang benar-benar ingin membeli produk yang asli.

Maka dari itu, sebelum kita membelinya, kita harus bisa memastikan terlebih dahulu produk yang kita beli asli atau palsu dengan cara cek dan ricek. Untuk melakukan cek tentunya kita harus bisa membedakan ponsel iPhone 11 Pro Max asli dan palsu. Bagimana caranya? simak ulasannya dibawah ini.

Perbedaan harga

Tentu saja produk asli dengan produk palsu akan selalu berbeda dari segi harga. Mengenal produk asli dan produk palsu dengan cara mengetahui perbedaan harganya merupakan salah satu cara termudah untuk membedakan iPhone 11 Pro Max asli atau HDC.

Maka dari itu, kamu bisa terlebih dahulu mencari informasi mengenai harga resmi dari iPhone 11 pro ini sebelum membeli. Ponsel iPhone 11 Pro Max ini dijual pada kisaran harga Rp 20 Jutaan. Harganya bisa lebih tinggi tergantung kapasitas memori yang digunakan.

Sedangkan untuk yang palsu biasanya akan jauh lebih murah ketimbang yang asli.

Tapi, sekarang ini mencari tau asli atau bukan dari harga saja tidaklah cukup, karena sekarang ada produk HDC yang menjual harga yang sama dengan produk yang asli. Jadi hati-hati ya!

Sistem operasi yang digunakan

Cara kedua yang bisa kamu pakai untuk mengenali produk iPhone asli maupun HDC yaitu dengan memperhatikan secara seksama sistem operasi yang digunakan.

Seperti biasa produk asli akan menggunakan iOS. Berbeda dengan yang palsu atau produk HDC, biasanya sistem operasi yang digunakan adalah android yang sudah di custom sedemikian rupa tampilannya agar mirip iOS.

Seperti yang kita tahu bahwa android adalah OS open source jadi siapapun bisa customisasi sesukanya. Nah, hal tersebut dimanfaatkan juga oleh beberapa orang untuk membuat produk ponsel HDC.

Produk HDC ini tidak hanya menduplikasi iPhone 11 Pro Max saja, tetapi series iPhone yang lain juga sama.

Slot SIM card

Cara berikutnya adalah dari slot SIM card yang disediakan untuk membedakan iPhone Pro Max yang asli atau HDC. Sama seperti produk apple yang lain bahwa iPhone 11 Pro Max hanya memiliki SIM tunggal. Meskipun sebenarnya untuk beberapa iPhone seperti iPhone 11 pro, iPhone X, iPhone Xs series tersebut sudah mendukung dual SIM card.

Tapi, SIM yang satunya adalah eSIM sehingga tidak ada keliatan bentuk fisiknya. Jika kamu bertanya kepada penjualnya dan penjualnya mengatakan bahwa produknya itu mendukung dual SIM Card, kamu perlu curiga dan hati-hati itu adalah produk palsu.

Sekedar tambahan, produk asli iPhone biasnaya tidak memiliki slot untuk kartu eksternal. Meraka hanya menyediakan penyimpanan internal saja. Jadi jika ada penjual yang bilang bahwa produknya mendukung slot memori eksternal, sudah bisa dipastikan produk tersebut palsu.

Nomor IMEI

Yap! Kamu bisa cek produk iPhone tersebut tiruan atau asli melalui serial number IMEI atau nomor IMEI. Bagaimana caranya? Mudah kamu bisa menekan dial *#06#. Informasi serial number akan keluar, setelah keluar cocokan dengan kode IMEI yang ada pada body dan dus iPhone 11 Pro Max.

Jika nomor tersebut sama, bisa dipastikan bahwa produk tersebut adalah asli/original. Akan tetapi, jika hasilnya ternyata berbeda, sebaiknya kamu lakukan pembatalan pembelian. Agar lebih yakin lagi, kamu masukan kode IMEI tersebut di situs Apple.

Jika invalid sudah bisa dipastikan produk tersebut palsu. Serial nomor ini merupakan informasi penting dan tidak dapat dipalsukan. Maka dari itu, cara ini bisa digunakan sebagai cara pamungkas ketika kamu dihadapkan dengan risiko produk asli atau palsu.

Gampang kan? So, jangan sampai salah ya! kbc10

Bagikan artikel ini: