PPKM mikro bakal kembali diperpanjang, ada tambahan provinsi

Senin, 3 Mei 2021 | 13:18 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah berencana untuk memperpanjang pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro. Seperti diketahui, PPKM mikro berakhir pada Senin (3/5/2021) hari ini.

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kapuspen Kemendagri) Benny Irwan mengatakan, penerapan PPKM mikro rencananya akan diperpanjang. Namun, hal ini masih akan dibahas secara detail bersama lintas kementerian/lembaga.

"Ada wacana akan diperpanjang. Cuma belum dibahas detail," ujar Benny seperti dikutip, Minggu (2/5/2021).

Selain itu, kemungkinan akan ada provinsi tambahan yang akan menerapkan PPKM mikro. Meski begitu, hal ini juga masih dalam pembahasan kementerian/lembaga terkait.

"Iya, melihat tren penyebaran Covid-19 akhir-akhir ini, ada kemungkinan untuk itu (penambahan provinsi yang menerapkan PPKM mikro)," ucap Benny.

Sebelumnya, terdapat lima provinsi tambahan yang menerapkan PPKM mikro. Yakni Sumatra Barat, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Kalimantan Barat. Sehingga saat ini terdapat 25 provinsi yang telah menerapkan PPKM mikro.

Pemerintah menegaskan, PPKM mikro menekan angka keterisian kasus perawatan di rumah sakit (Bed Occupancy Rate/BOR). Per 18 April, tidak terdapat BOR yang berada di atas 60%.

"Kasus aktif per 18 April single digit atau 6,6%, dan ini perbaikan dibandingkan dua bulan yang lalu," ujar Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto. kbc10

Bagikan artikel ini: