Ekstra waspada, varian virus Covid-19 India dan Afsel masuk Indonesia

Senin, 3 Mei 2021 | 19:08 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan varian baru Covid-19 dari India dan Afrika Selatan (Afsel) telah masuk ke Indonesia. Penyebaran virus ini dinilai lebih cepat.

"Tadi juga sudah dilaporkan ke Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi), karena sudah ada mutasi baru yang masuk. Yaitu, mutasi dari India (B1617), ada dua insiden yang sudah kami lihat. Dua-duanya di Jakarta, dan satu insiden mutasi dari Afsel (B1351), itu ada di Bali," ungkap Budi Gunadi dalam konferensi pers virtual, Senin (3/5/2021).

Hingga saat ini, kata Budi sebanyak 13 kasus varian baru Covid-19 B117 dari Inggris telah ditemukan di Indonesia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memasukkan varian baru Covid-19 dari Inggris, India, dan Afsel tersebut dalam kategori perlu sangat diperhatikan.

Sebab, penyebaran varian baru Covid-19 dari Inggris, India, dan Afsel relatif cepat. "Karena penularannya relatif tinggi. Ini harus kami jaga mumpung masih sedikit, karena pasti akan segera menyebar," tutur Budi.

Dia pun mengingatkan, tugas bersama rakyat Indonesia untuk disiplin protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak). Di sisi lain, pemerintah harus giat melakukan testing, tracing, dan treatment (3T). "Teman-teman sekali lagi, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, apapun virusnya, apapun mutasinya, kalau kita disiplin protokol kesehatan, Insyaallah harusnya penularan tidak terjadi," ujar Budi.

Menkes menyebutkan 10 warga negara Indonesia (WNI) terpapar varian baru Covid-19 B117 yang tersebar di India. "Mutasi virus baru meningkatkan kasus di India dan virus itu sudah masuk ke Indonesia. Ada 10 orang yang sudah terpapar virus tersebut. Enam di antaranya adalah impor, masuk dari luar negeri," pungkasnya.kbc11

Bagikan artikel ini: