RI bakal buka pintu turis asing, bagaimana persiapan daerah?

Rabu, 5 Mei 2021 | 10:56 WIB ET

JAKARTA,  kabarbisnis.com: Pemerintah berencana membuka akses bagi wisatawan mancanegara (wisman) pada pertengahan tahun ini. Namun begitu, bukan tidak mungkin rencana itu dokaji ulang, terutama terkait kesiapan pemerintah daerah.

Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio mengatakan, beberapa kepala daerah mengaku tidak siap dengan adanya rencana tersebut.

“Saya habis dikusi semalam dengan beberapa kepala daerah. Mereka bilang itu tidak siap baik kontak rumah sakitnya, dananya, maupun nakesnya, dan kita sangat khawatir itu,” ungkapnya seperti dikutip, Selasa (4/5/2021).

Agus menilai, penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia belum terlalu serius. Sehingga, dia meragukan apakah akan ada wisman yang datang dari berbagai negara yang memiliki potensi.

“Ini yang menjadi persoalan, apakah akan ada datang? Ini Eropa saja sudah dibuka tetapi harus divaksin dengan beberapa vaksin tertentu. Apakah para wisman mau masuk kalau kita pakai Sinovac yang tidak ada listnya di EU mungkin juga di negara-negara lain. Itu pertanyaan besar saya,” ujar dia.

Sementara itu, dia mengatakan, adanya peningkatan jumlah turis dikhawatirkan hal tersebut bukan seperti yang dianggap. Akan tetapi, justru pergerakan manusia yang belanja membeli keperluan dan disebut sebagai turis.

“Semua daerah perbatasan itu dinamikanya seperti itu dan tahun-tahun lalu pergerakan manusia yang memang sehari-hari dia bolak-balik ke perbatasan itu dimasukkan dalam golongan turis, padahal mereka bukan turis,” kata Agus. kbc10

Bagikan artikel ini: