Harga vaksin gotong royong diperkirakan Rp250 ribu per dosis

Jum'at, 7 Mei 2021 | 09:57 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Bio Farma (Persero) memperkirakan harga vaksin gotong royong atau mandiri diperkirakan mencapai Rp250.000 per dosis. Harga tersebut sudah termasuk biaya layanan.

Juru Bicara Bio Farma Bambang Heriyanto mengatakan, harga vaksin Covid-19 itu hanya proyeksi sementara. Pembahasan harga vaksin gotong royong belum mencapai tahap finalisasi atau keputusan dari pemerintah.

"Itu masih harga prakiraan (Rp500.000), untuk dua dosis termasuk biaya layanan. Harga masih belum final," ujar Bambang seperti dikutip, Kamis (6/5/2021).

Bio Farma sendiri measih menunggu review atau audit dari Badan Pengawasan dan Pembangunan (BPKP). Usai direview lembaga audit internal itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menyampaikan secara resmi.

"Masih di review dan dilakukan pendampingan oleh BPKP (harga vaksin). Harga nanti akan disampaikan ke Kemkes untuk penetapannya," kata dia.

Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh, belum menyampaikan harga vaksin saat dikonfirmasi. Meski begitu, dia menyebut, Bio Farma, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan pihak terkait tengah melaksanakan rapat perihal penetapan harha dan pelksanaan vaksinasi mandiri. Pertemuan tersebut dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat.

"BPKP masih menunggu hasil pertemuan, nantinya laporan akan disampaikan, nanti ada preskon (pers konferensi)," kata dia. kbc10

Bagikan artikel ini: