Sebulan meluncur, Intiland raup penjualan Rp184 miliar dari proyek Tierra SOHO Surabaya

Jum'at, 7 Mei 2021 | 10:14 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Perusahaan pengembang properti PT Intiland Development Tbk sukses memasarkan hampir semua unit-unit SOHO pada proyek pengembangan terbaru Tierra, di Surabaya. Sejak diluncurkan pada awal April 2021 lalu, penjualan unit Tierra SOHO mencapai 90 persen.

Tierra SOHO merupakan pengembangan fasilitas komersial seluas satu hektar yang menjadi pengembangan tahap pertama dari megaproyek Tierra, sebuah kawasan mixed use & high rise terpadu di Surabaya Barat. Tierra merupakan proyek baru yang menjadi salah satu proyek unggulan Perseroan untuk pengembangan jangka panjang.

Direktur Pengelolaan Modal dan Investasi Intiland, Archied Noto Fradono menjelaskan, Tierra merupakan salah satu proyek strategis perseroan yang direncanakan untuk pengembangan jangka panjang. Pengembangan Tierra dilakukan dalam beberapa tahapan yang akan mampu memberikan kontribusi kinerja usaha perseroan secara signifikan dan berkelanjutan.

“Tierra masuk dalam pipeline pengembangan proyek jangka panjang Intiland dan menjadi key project yang akan memberikan kontribusi penjualan dan pendapatan jangka panjang. Kesuksesan penjualan ini menjadi sinyalemen positif bahwa pasar properti mulai kembali menggeliat dan konsumen sudah kembali optimis terhadap prospek pasar ke depan dengan melakukan pembelian dan investasi produk properti,” kata Archied pada konferensi pers media update Tierra yang digelar secara daring, Kamis (6/5/2021).

Tierra divangun di atas lahan seluas 7,5 hektare yang lokasinya sangat strategis di kawasan Segi Delapan, Surabaya Barat. Mengusung konsep pengembangan mixed-use & high rise terpadu, kawasan ini menjadi solusi terhadap beragam kebutuhan dan aktivitas masyarakat dengan mengintegrasikan beragam fungsi mulai dari apartemen, perkantoran, hotel, pusat komersial, serta fasilitas hiburan dan gaya hidup modern.

Saat ini, pengembangan kawasan Tierra sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain terdapat Hokky Supermarket, Whiz Prime Hotel, SUB Co co-working space, pada kawasan tersebut juga tersedia pusat kebugaran Primalaras serta pusat kuliner. 

Peluncuran Tierra SOHO menjadi pengembangan tahap pertama dari Tierra. Peluncuran produk komersial ini mempertimbangkan prospek yang sangat baik di kawasan Segi Delapan serta tingginya minat serta kebutuhan konsumen terhadap ketersediaan produk-produk properti komersial yang mulai meningkat.

Direktur Pemasaran Intiland untuk wilayah Surabaya, Harto Laksono mengungkapkan bahwa penjualan unit-unit Tierra SOHO mendapat sambutan sangat baik dari konsumen. Sejak diluncurkan April 2021 lalu, saat ini telah terjual sebanyak 69 unit atau 90 persen dari total unit yang tersedia. Nilai penjualannya mencapai sekitar Rp 184 miliar.

"Kami mengapresiasi atas tingginya minat masyarakat terhadap produk Tierra SOHO. Tren ini menguatkan keyakinan kami bahwa kebutuhan terhadap ruang kerja dan komersial masih tetap tinggi, khususnya di wilayah Surabaya Barat,” ujar Harto Laksono.

“Saat ini produk Tierra SOHO hanya tersisa 7 unit. Kami optimis sisa unit ini dapat terserap habis dalam waktu dekat,” imbuh Harto.

Respon positif dari konsumen terhadap produk Tierra SOHO ini, menurut Harto Laksono, dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Pertama berkaitan dengan nilai lebih produk, seperti lokasi yang strategis, konsep pengembangan kawasan yang baik, rencana pengembangan jangka panjang, harga yang kompetitif, hingga desain bangunan yang inovatif. Kedua adalah faktor pasar antara lain meliputi kebutuhan terhadap produk komersial yang terus tumbuh, potensi pasar di area tersebut, serta pulihnya minat beli dan investasi masyarakat, khususnya terhadap produk properti komersial. 

Dari hasil penjualan yang terjadi, perseroan mendapatkan fakta bahwa mayoritas pembeli Tierra SOHO adalah para end user. Pertimbangan utama memilih Tierra SOHO karena lokasinya yang strategis, memiliki konsep pengembangan jangka panjang, dan prospek pengembangan kawasan Trerra yang memiliki captive market yang potensial bagi pasar Surabaya Barat. 

"Potensi market di kawasan ini cukup besar. Ada sekitar 10 ribu KK di sekitar kawasan Segi Delapan, juga terdapat 10 sekolah dengan 4 ribuan murid. Sementara potensi pengunjung Hokky, Primalaras, dan Hotel Whiz sekitar 3 ribu orang per hari," ulas Harto Laksono.

Kesuksesan Tierra SOHO juga dipengaruhi oleh konsep inovatif yang ditawarkan produk properti komersial ini. Pemilik Tierra SOHO dapat menjalankan beberapa jenis usaha yang berbeda dalam satu unit, karena tersedianya akses keluar-masuk secara terpisah di setiap lantai. 

Fasilitas ini memberikan fleksibilitas dan manfaat penting bagi setiap pemiliknya untuk menjalankan jenis usaha berbeda pada setiap lantainya, tanpa terganggu oleh lalu-lalang pengunjung yang hendak menuju lantai berbeda.

Harto mengungkapkan, dari profil pembeli Tierra SOHO, sebagian besar akan memfungsikan unitnya untuk usaha di bidang food & beverage, seperti kafe dan restoran. Namun demikian, ada pula pembeli yang memfungsikannya sebagai kantor dan pusat pendidikan. 

“Respon konsumen terhadap penjualan Tierra SOHO sangat baik. Ada konsumen yang membeli hingga 6 unit langsung. yang nantinya difungsikan sebagai pembukaan cabang kedua dari salah satu restoran ternama di kota Surabaya," ungkapnya. 

Sesuai dengan rencana pengembangan, perseroan saat ini tengah memasuki tahap persiapan untuk penunjukan kontraktor pembangunan. Tahapan pembangunan diproyeksikan dimulai pada akhir tahun ini dan diharapkan selesai dan mulai serah terima ke konsumen pada pertengahan 2023. kbc7

Bagikan artikel ini: