RI kantongi komitmen 7,5 juta vaksin Sinopharm hingga September

Jum'at, 7 Mei 2021 | 10:43 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Bio Farma (Persero) memastikan sudah mendapatkan komitmen vaksin Covid-19 dari Sinopharm sebanyak 7,5 juta dosis. Vaksin itu akan masuk ke Indonesia secara bertahap hingga September 2021.

Sekretaris Perusahaan Bio Farma Bambang Hariyanto mengatakan, vaksin Sinopharm yang dikirim ke Indonesia sejauh ini baru 500 ribu dosis dari total komitmen. Jumlah itu yang akan digunakan untuk vaksinasi gotong royong.

"Total komitmen dari Sinopharm sebanyak 7,5 juta dosis. Sudah tiba 500 ribu dosis, sisanya 7 juta dosis akan datang bertahap sampai September 2021," ungkap Bambang dalam Dialog Indonesia Siap Vaksin Gotong Royong, Kamis (6/5/2021).

Menurutnya, kebutuhan dunia terhadap vaksin sangat tinggi. Oleh karena itu, masing-masing negara harus sabar menunggu kedatangan vaksin Covid-19.

"Semua berlomba-lomba mana yang bisa diperoleh secara continue (berkelanjutan), perlu sabar karena vaksin tidak bisa datang sekaligus, perlu waktu," jelas Bambang.

Swbelumnya, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, sudah ada lebih dari 17 ribu perusahaan yang mendaftar untuk menyelenggarakan vaksin gotong royong.

Dari total tersebut, jumlah peserta yang terdaftar mencapai 8,6 juta orang. "Sudah banyak yang daftar, menunggu mendapatkan vaksin ini," imbuh Shinta.

Namun, jumlah vaksin Sinopharm yang akan datang sampai September 2021 nanti tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan perusahaan yang sudah mendaftar. Untuk itu, Kadin dan pemerintah akan menyusun perusahaan mana saja yang akan masuk dalam daftar prioritas.

"Jadi sekarang diprioritaskan yang penting dulu," jelas Shinta. kbc10

Bagikan artikel ini: