Dukung pemda, Apical turut lestarikan kuliner khas Bogor

Jum'at, 7 Mei 2021 | 14:41 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Dalam rangka mendukung Pemerintah untuk melestarikan kuliner khas Kabupaten Bogor, PT Asianagro Agungjaya (Apical Group) yang tergabung dalam group perusahaan RGE turut serta dalam acara festival kuliner bertajuk "Pemulihan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Melalui Digitalisasi" yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor di Lido Resort Lake, Bogor.

RGE mengelola perusahaan manufaktur berbasis sumber daya alam yang mempunyai operational secara global.Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, Mulyadi menyatakan bahwa sektor pariwisata di saat pandemi Covid-19 sangat terpukul dengan penurunan tajam wisatawan domestik dan mancanegara. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya positif untuk meningkatkan sektor wisata melalui berbagai inovasi di Kabupaten Bogor.

Pada acara yang diselenggarakan dengan pengunjung yang terbatas dan memperhatikan protokol kesehatan tersebut, Apical Group turut mendukung kegiatan pemerintah dalam solusi untuk memulihkan sektor pariwisata. Apical memeriahkan acara ini melalui penciptaan makanan sehat berbasis kelapa sawit yang inovatif dengan menghasilkan varian resep camilan khas Kabupaten Bogor.

Senior Manager IDEAS Apical Marunda, Fajar Marhaendra mengutarakan bahwa keikutsertaan Apical dalam kegiatan ini selain sebagai bentuk dukungan dalam mempromosikan kuliner khas Kabupaten Bogor juga untuk mempromosikan penggunaan minyak sawit sehat yang berkelanjutan.

"Kami juga telah menyiapkan sebelas varian resep kuliner khas Kabupaten Bogor untuk ikut serta dalam kompetisi, yang rencananya akan dicicipi oleh para tamu dan resep terpilih akan diumumkan pada 27 Mei 2021 mendatang," ujar Fajar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat ( 8/5/2021).

Dalam membuat sebelas resep kuliner khas Kabupaten Bogor tersebut, Apical menggunakan bahan-bahan dari minyak sawit berkelanjutan yang sehat untuk dikonsumsi.Fajar menjelaskan bahwa minyak sawit sangatlah bagus sebagai bahan baku produk makanan, termasuk juga produk camilan tradisional yang ikut serta dalam festival kuliner.

"Dalam minyak sawit yang terdapat pada margarin untuk pembuatan kue, ataupun minyak goreng terdapat keseimbangan antara lemak jenuh dan lemak tidak jenuh. Keunggulan lainnya adalah tidak mengandung kolesterol, dengan mengandung asam lemak esensial," tutur Fajar.

Bupati Bogor, Ade Yasin juga turut meninjau dari jauh stand kuliner serta tidak ketinggalan akan mencicipi resep-resep baru kuliner khas Kabupaten Bogor dari para peserta, salah satunya yaitu resep-resep milik Apical. "Kegiatan festival kuliner ini merupakan agenda pariwisata rutin di Kabupaten Bogor. Walaupun di tengah pandemi Covid-19, kami bersyukur dapat menyelenggarakan acara ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan potensi Kabupaten Bogor terutama kuliner khasnya," tambah Mulyadi.

Selain festival kuliner dan bazaar UMKM di kesempatan yang sama juga digelar talkshow, upacara tabur bunga untuk mengenang para korban Nanggala 402, floating market, pertunjukan musik, dan ditutup dengan acara buka bersama.kbc11

Bagikan artikel ini: