Objek wisata kembali dibuka, nih 5 rekomendasi destinasi di Semarang yang ikonik dan populer

Kamis, 20 Mei 2021 | 15:20 WIB ET

SEJUMLAH objek wisata di beberapa daerah kembali dibuka di tengah masih adanya pandemi Covid-19. Ada sejumlah daerah yang memiliki destinasi wisata unggulan. Destinasi di sekitaran Jawa Tengah, Yogyakarta dan Solo di antaranya menjadi tujuan favorit. Namun Anda juga harus tahu jika Semarang sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah punya banyak sekali pilihan destinasi wisata ikonik yang bisa jadi tujuan liburan Anda selanjutnya.

Mulai dari wisata alam hingga kuliner, Semarang siap memanjakan Anda yang berkunjung ke daerahnya. Mudah dijangkau dengan semua moda transportasi umum, termasuk dengan travel Joglosemar yang terkenal itu, berikut rekomendasi destinasi wisata Semarang yang ikonik dan populer yang bisa Anda kunjungi di kota ini.

1. Lawang Sewu

Liburan ke Semarang rasanya tidak lengkap tanpa berkunjung ke Lawang Sewu yang jadi salah satu ikon wisata populer di Semarang ini. Bangunan yang dulunya merupakan kantor pusat perusahaan kereta Belanda ini sudah direvitalisasi dan dikonversi menjadi tempat wisata sejarah yang ikonik.

Lawang Sewu dikenal memiliki banyak pintu yang sesuai dengan namanya yang berarti seribu pintu. Keberadaan pintu-pintu besar khas interior kolonial membuat Lawang Sewu jadi spot foto yang menarik bagi pengunjungnya.

Selain berburu foto, Anda juga bisa mengetahu sejarah tentang kereta api hingga miniatur lokomotif yang bisa Anda lihat selama berada di Lawang Sewu. Terletak di tengah kota, Lawang Sewu mudah ditempuh menggunakan angkutan umum.

Oh ya, tepat di depan bangunan ini ada Tugu Muda yang dulu dibangun untuk mengenang jasa pahlawan yang gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang. Selain untuk tempat berfoto, kawasan di sekitar tugu ini juga sering dijadikan tempat ngumpul warga Semarang untuk bersantai.

2. Simpang Lima

Tidak jauh dari Lawang Sewu Anda bisa menemukan Simpang Lima yang merupakan alun-alunnya Kota Semarang. Sesuai namanya, Simpang Lima merupakan pertemuan dari lima jalan di Semarang, yaitu Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada, Jalan Ahmad Dahlan, Jalan Pahlawan dan Jalan Pandanaran.

Tempat ini berupa lapangan ikonik yang sering dijadikan tempat main warga Semarang; mulai untuk berolahraga hingga bersantai dan wisata kuliner di berbagai penjaja makanan kaki lima di sekitar tempat ini. Tempat wisata ikonik di Semarang ini gratis dan biasanya selalu ramai di sore hari menjelang malam hari.

3. Kota Lama

Mirip dengan konsep Kota Tua di Jakarta, Kota Tua di Semarang juga memiliki banyak gedung ikonik peninggalan Belanda yang masih berdiri megah dan terawat hingga kini. Kawasan seluas kurang lebih 31 hektare ini memiliki bangunan bergaya khas Eropa kuno yang populer dijadikan spot berburu foto.

Jalannya tidak menggunakan aspal, melainkan tehel yang menjadi salah satu hal unik di kawasan ini. Salah satu bangunan paling ikonik dan populer di kawasan Kota Lama Semarang yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Gereja Blenduk yang sudah berdiri sejak abad ke-18 dan masih difungsikan sebagai rumah ibadah hingga kini. Gereja ikonik yang punya atap berwarna merah ini bisa dijadikan latar berfoto yang menarik untuk mengabadikan perjalanan liburan Anda ke Semarang.

Ada juga Gedung Marba yang berada di depan Taman Srigunting yang juga jadi salah satu spot foto popuer di Kota Lama Semarang.

Selain itu ada banyak bangunan di Kota Lama yang dialihfungsikan menjadi kantor dan kafe, seperti gedung Societiet De Harmonie yang kini menjadi kantor bank nasional, gedung yang dibangun arsitek Belanda, Thomas Kartsen yang kini menjadi kantor asuransi Jiwasraya.

Jika merasa lelah berkeliling Kota Lama, jangan lupa juga mampir ke Spiegel Bistro yang merupakan salah satu kafe paling Instagramable di Semarang. Bangunan kafe ini termasuk bangunan cagar budaya kawasan Kota Lama lho!

4. Pagoda Avalokitesvara

Pagoda ikonik dengan desainnya yang begitu indah ini berada di kawasan Vihara Buddhagaya Watugong. Pagoda yang tercatat sebagai pagoda tertinggi di Indonesia ini menjadi salah satu spot foto paling hits di Semarang yang wajib Anda kunjungi.

Selain pagoda ini, ada juga bangunan utama lainnya yaitu Vihara Dhammasala yang masih difungsikan sebagai tempat ibadah. Namun pagoda maupun vihara ini terbuka untuk pengunjung yang ingin berkunjung kok!

5. Klenteng Sam Poo Kong

Satu lagi destinasi wisata ikonik dan populer di Semarang yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Klenteng Sam Poo Kong. Klenteng yang dulunya merupakan bekas tempat peristirahatan Laksamana Cheng Ho yang beragama Islam ini selalu ramai pengunjung. Anda bisa mengunjungi 4 klenteng yang ada di kawasan Klenteng Sam Poo Kong ini, yaitu Klenteng Dewa Bumi, Klenteng Kyai Jangkar, Klenteng Juru Mudi dan Klenteng Kyai Jangkar.

Di sini Anda juga bisa menyewa pakaian khas Cina dan berfoto di kawasan Klenteng yang instagenic ini. Oh ya, klenteng ini masih berfungsi sebagai rumah ibadah, jadi pastikan Anda tetap menjaga kesopanan saat berkunjung ke sini ya.

Itulah 5 destinasi wisata ikonik dan populer yang letaknya di sekitar pusat Kota Semarang yang bisa Anda kunjungi jika berlibur ke kota ini. Selamat liburan dan tetap ingat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan di manapun Anda berada ya! kbc10

Bagikan artikel ini: