Kementerian PUPR dukung pembangunan Papua Youth Creative Hub

Kamis, 27 Mei 2021 | 11:44 WIB ET

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Badan Pengembangan Infrastruktur dan Wilayah (BPIW) mendukung pembangunan infrastruktur yang mendukung pengembangan inovasi dan kreativitas kaum muda asli Papua atau Youth Creative Hub.

Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Wilayah III BPIW Kementerian PUPR, Manggas Rudy Siahaan, mengatakan, Youth Creative Hub sesuai dengan amanat Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Untuk itu Kempupera secara penuh mendukung program tersebut.

"Pembangunan Papua Youth Creative Hub dan Asrama Mahasiswa Nusantara diharapkan dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta mendongkrak daya saing dan demi terwujudnya Keadilan Sosial di Pulau Papua," kata Manggas Rudy dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (27/5/2021).

Selain itu perlu adanya dukungan infrastruktur pendukung lain untuk mengoptimalkan Papua Youth Creative Hub dan Asrama Mahasiswa Nusantara, seperti air bersih, listrik, dan jaringan internet.

“Mewujudkan hal itu perlu adanya kolaborasi, kerja sama dan komitmen dari dan antar kementerian/lembaga (K/L) di Pemerintah Pusat,” ujar Manggas Rudy.

Dia mengatakan, pemerintah daerah turut berperan untuk mengoptimalkan program pembangunan dan pengembangan Infrastruktur untuk golongan kaum muda tersebut, terutama terkait kelembagaannya.

Jarak sekolah yang berada jauh di wilayah perkotaan dan tidak dilengkapi dengan asrama mengakibatkan biaya untuk menempuh pendidikan tinggi. Asrama mahasasiwa nusantara dapat diterapkan pada tingkat pendidikan menengah sehingga bisa menekan biaya pendidikan dan meningkatkan angka partisipasi sekolah.

“Ke depan, Papua sangat bergantung pada generasi mudanya. Namun kondisi saat ini terkait dengan kualitas SDM masih rendah dan kualitas pendidikan belum merata. Tantangan lainnya adalah masih kurangnya akses pada peningkatan kreativitas,” ujar Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Wilayah III BPIW Kempupera.

Tantangan tersebut menurut dia perlu dilakukan secara bersama seluruh stakeholder. Hal ini penting dilakukan mengingat Papua merupakan salah satu prioritas pembangunan di Indonesia. kbc9

Bagikan artikel ini: