Tak hanya jawara penjualan, Honda Brio jadi pilihan atlit slalom hingga mobil favorit anak muda

Senin, 31 Mei 2021 | 11:39 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Memiliki produk yang sukses di pasaran dan mampu menjadi daya tarik bagi konsumen sungguh menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Apalagi produk tersebut telah menjadi pilihan favorit anak-anak muda yang notabene memiliki jumlah yang besar di segmen pasar.

Hal itu pula yang terjadi pada mobil Honda Brio, yang telah mampu menjadi pilihan kendaraan anak muda, dan sukses pula sebagai model yang memberikan kontribusi terbesar bagi penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek mobil Honda di Indonesia.

Menariknya, tak hanya mantul dari sisi penjualan dan marke share, Honda Brio juga telah menjadi pilihan anak muda baik untuk transportasi yang menunjang aktivitas sehari-hari, life style, hingga menunjang hobi dan prestasi ketangkasan mengemudi alias slalom. Tak heran, kendaraan ini pun meraih banyak penghargaan.

Dari sisi penjualan, sepanjang periode Januari--Maret 2021, Honda membukukan total penjualan sebesar 2.580 unit di wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara. Honda Brio menjadi kontributor terbesar yaitu menyumbang 50,08% dari total penjualan atau sebesar1.292 unit. Honda Brio Satya terjual sebanyak 705 unit, sementara itu Honda Brio RS mencatat penjualan sebanyak 587 unit.

Honda HR-V 1.5L menjadi kontributor unggulan ketiga dan membukukan penjualan sebanyak 570 unit dengan kontribusi sebesar 22,09% pada total penjualan. Selain Honda

HR-V 1.5L, Honda Mobilio mencatat penjualan sebesar 291 unit. Sementara itu, Honda CR-V membukukan penjualan sebanyak 165 unit dan Honda Jazz terjual sebanyak 130 unit.

Beberapa model lain juga berkontribusi terhadap penjualan, seperti Honda HR-V 1.8L mencatat penjualan sebesar 44 unit, Honda Civic Hatchback RS sebesar 34 unit dan Honda BR-V sebanyak 29 unit. Sementara itu, Honda Accord meraih penjualan sebanyak 9 unit, Honda Civic telah terjual sebanyak 8 unit, Honda City terjual sebanyak 7 unit dan Honda Odyssey terjual sebanyak 1 unit.

Sementara secara nasional, sepanjang bulan April 2021, PT Honda Prospect Motor (HPM) berhasil mengantongi penjualan 10.189 unit, naik dibanding Maret yang tercatat 10.048 unit.

Dari angka penjualan tersebut, Brio masih menjadi tulang punggung dengan kontribusi sebesar 54 persen dari total penjualan Honda di April 2021 lalu. Bila dirinci lebih detail, Brio Satya menyumbang penjualan tertinggi. Mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) tersebut, terjual 3.949 unit. Sementara Brio RS yang bermain di kelas city car berkontribusi 1.573 unit.

Selain Brio, beberapa model lain yang menimati relaksasi PPnBM juga ikut berkontribusi sepanjang April. Mulai HR-V 1.5L yang terjual 2.137 unit, CR-V facelift 837 unit, Mobilio 701 unit, City Hatchback RS 427 unit, BR-V 221 unit, dan HR-V 1.8L 202 unit.

Tak hanya itu, beberapa produk CBU atau completely built up juga ikut menyumbang peningkatan penjualan Honda di awal kuartal kedua. Mulai dengan Civic Sedan sebanyak 55 unit, Civic Hatchback 50 unit, Accord 21 unit, Odyssey 14 unit, dan City dua unit. 

Raih penghargaan

Tingginya minat konsumen khususnya anak muda terhadap Honda Brio ternyata membawa penghargaan terhadap Honda Brio dari ajang Marketeers Youth Choice Brands of The Year 2020 yang diselenggarakan MarkPlus Inc dan Marketeers pada 25-26 November 2020.

Penghargaan ini diraih berdasarkan hasil survei daring yang dilakukan Marketeers pada awal Oktober hingga pertengahan November 2020 di pasar dalam negeri dengan melibatkan 1.300 responden kalangan Gen Z atau rentang usia 18-25 tahun.

Melalui keterangan tertulis, disebutkan bahwa mayoritas responden adalah para mahasiswa aktif dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Sepanjang tahun 2020, penjualan Honda Brio secara nasional telah mencapai total 35.744 unit. Bahkan, sejak diluncurkan kali pertama di 2012 city car andalan Honda itu sudah mengumpulkan 43 penghargaan.

Sesuai dengan pangsa pasarnya, Honda Brio juga banyak tampil di berbagai acara yang dekat dengan gaya hidup anak muda, seperti ajang modifikasi, balap, hingga musik dan hiburan.

“Saat ini, Honda Brio menjadi salah satu model yang paling diminati konsumen di Indonesia, terutama oleh anak-anak muda dan pembeli pertama,” kata Yulian Karfili, Public Relations & Digital Manager PT Honda Prospect Motor.

"Segmen tersebut pula merupakan konsumen terbesar untuk pasar otomotif saat ini. Karena itu, kami sangat bangga atas penghargan ini dan akan terus melakukan berbagai aktivitas yang mendekatkan Brio dengan anak-anak muda," lanjut dia.

Mobil latihan Akademi U23 Slalom

Performa yang handal, tampilan yang sporty yang dihadirkan Honda Brio juga telah menjadi mobil pilihan untuk latihan di Akademi U23 Slalom.

Akademi U23 Slalom adalah lembaga pelatihan otomotif khususnya di bidang balap mobil yaitu, slalom. Kehadiran pelatihan ini salah satu tujuannya adalah memberikan akselerasi dalam memajukan dunia otomotif di Indonesia. 

Akademi U23 Slalom ini sudah menyiapkan unit New Brio dan All New Brio yang layak untuk sarana latihan. Dalam menunjang performanya, mobil ini sudah dimodifikasi dari sisi penggunaan rem tangan dan penambahan kaliper rem. Ini dimaksudkan agar memberikan tingkat pengereman yang lebih baik dalam bermanuver.

Di Surabaya sendiri, mobil Honda Brio juga digunakan sebagai mobil latihan pada sekolah khusus slalom, yakni Zerotrip Racing School. Sekolah ini didirikan oleh atlet slalom nasional, Binar Syuro bersama sejumlah atlet slalom nasional asal Jawa Timur, seperti FebriANNA ZTR dan Putu Indra,

"Zerotrip Racing School ini merupakan wadah untuk mencetak atlet-atlet muda slalom terutama dalam hal attitude dalam mengendalikan mobil, bukan sekadar kencang dan gaya-gayaan. Mereka diharapkan bisa punya prestasi dan punya sikap yang baik," jelas Binar di sela latihan Zerotrip Racing School di Parkir Timur Surabaya Plaza, Minggu (17/1/2021).

Dikatakannya, selama ini ketertarikan anak muda menekuni olahraga sport automotive adalah untuk kebut-kebutan di jalan. Nah, melalui sekolah tersebut, dia berharap anak-anak muda berbakat tersebut punya attitude yang baik dan berprestasi.

"Ini karena selain mereka membawa nama olahraga ini, lembaga atau sekolah, juga brand. Karena ketika berprestasi, mereka akan memiliki sponsor dan wajib membawa nama baik mereka baik saat di arena maupun jalan," tandas Binar.

Zerotrip Racing School dengan didukung instruktur yang juga merupakan pembalap senior nasional, memberikan pelatihan secara berjenjang. Mulai dari basic yang belum bisa sama sekali, sampai tingkat advance untuk memperdalam skill slalom. 

Pelatihan dimulai dari Teori on class sampai praktek di sirkuit. ZTR juga telah menyiapkan beberapa unit mobil yang digunakan praktek, baik untuk mobil berpenggerak depan maupun mobil berpenggerak belakang. Honda Brio menjadi pilihan karena memiliki akselerasi dan manuver serta performa yang bisa diandalkan untuk slalom.

Untuk wilayah Surabaya, pihaknya menjadwalkan minimal dua kali pertemuan atau kelas dalam sebulan, dengan lokasi di Parkir Timur Surabaya Plaza.

FebriANNA ZTR menambahkan, slalom bisa dibilang low budget untuk olahraga otomotif, karena mobil yang digunakan bisa memakai standar yang bisa digunakan sehari-hari. "Di sini pun mobil untuk latihan juga standar untuk sehari-hari," begitu alasan dia untuk memilih Honda Brio sebagai kendaraan untuk latihan di sekolah slalom yang dibinanya. kbc7

Bagikan artikel ini: