Nasib 3 juta penerima BLT UMKM masih menggantung, ini penyebabnya

Selasa, 8 Juni 2021 | 09:56 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) mencatat ada sebanyak 3 juta calon penerima BLT UMKM atau Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahap 2 masih menggantung. Sebab, anggarannya belum diketok oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Deputi Bidang Usaha Mikro KemenkopUKM, Eddy Satriya menjelaskan, dibutuhkan anggaran Rp 3,6 triliun untuk program BPUM tahap kedua yang akan disalurkan kepada 3 juta penerima.

"Jadi tahap kedua ini yang kita rencanakan itu 3 juta (penerima). Namun ini masih menunggu kepastian anggaran dari Kementerian Keuangan," kata Deputi Bidang Usaha Mikro KemenkopUKM, Eddy Satriya dalam konferensi pers, Senin (7/5/2021).

Dia menerangkan bahwa total anggaran BLT UMKM adalah Rp 14,36 triliun, termasuk untuk 9,8 juta penerima di tahap pertama yang sudah rampung.

"Karena kita sudah selesai 9,8 juta, diharapkan 3 juta (calon penerima) ini akan kita lanjutkan sebagai tahap kedua," ujar Eddy.

Sambil menunggu kepastian anggaran, pihaknya kini sedang mengumpulkan data calon penerima BLT UMKM yang diusulkan oleh dinas di bidang koperasi dan UKM kabupaten/kota.

"Jadi statusnya masih menunggu kepastian anggaran dari Kementerian Keuangan," tambahnya. kbc10

Bagikan artikel ini: