Laris manis, 60 unit Toyota Raize telah berada di garasi konsumen di Jatim

Rabu, 9 Juni 2021 | 15:40 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Produk terbaru Toyota Raize rupanya mendapat respon positif dari konsumen. Termasuk di Jawa Timur, melalui authorized dealernya Auto2000, permintaan kendaraan compact Sport Utility Vehicle (SUV) tersebut melampaui ekspektasi.

Operation Manager Auto2000 Jawa Timur, Judianto mengatakan, sejak diluncurkan secara resmi pada akhir April 2021 lalu, jumlah inden Toyota Raize melalui surat pemesanan kendaraan (SPK) di Auto2000 di Jawa Timur mencapai lebih dari 148 unit.

"Saat ini mungkin masih menunggu proses STNK, kemungkinan bulan depan (Juli) sudah bisa kelihatan meluncur di jalanan," kata Judianto, didampingi Faris Henky Irawan, Korwil Auto2000 Jatim 2, di sela kegiatan Test Drive Toyota Raize dan Media Gathering, Selasa (8/6/2021).

Dikatakannya, dari jumlah tersebut sudah sekitar 60-an unit yang didistribusikan ke konsumen dan sudah proses faktur pembelian.

Jumlah itu diperkirakan akan terus meningkat, mengingat saat ini di sejumlah diler Toyota di Jatim juga menerima banyak permintaan Toyota Raize.

Toyota Raize hadir dengan dua pilihan mesin, yakni 1.0 turbo dan 1.2 naturally aspirated. Namun untuk sementara baru mesin 1.0 turbo yang tersedia. Sementara opsi 1.2 naturally aspirated baru akan hadir pada pertengahan tahun ini.

Ada enam pilihan varian yang bisa kamu pilih, yakni Raize 1.2 G M/T, Raize 1.2 G CVT, Raize 1.0 Turbo G M/T, Raize 1.0 Turbo G CVT, Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT, dan Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS (Toyota Safety Sense).

Meski ukurannya terbilang compact, namum Raize hadir dengan fitur berlimpah, seperti Illuminating headlamp, daytime running light (DRL), dan Sequential Turn Lamp, semua menggunakan LED. Fitur lainnya adalah Steering Switch, Interior Illumination, serta Interactive 9 Inch Head Unit dengan floating design.

Fitur keselamatannya juga komplet. Pada varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS terdapat fitur 6 Airbag, Pedal Misoperation Control, dan TSS + BSM RCTA. FYI ,TSS atau Toyota Safety Sense merupakan fitur keselamatan yang biasanya cuma ada di mobil-mobil mewah.

Hebatnya lagi fitur Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer menjadi fitur standar untuk semua varian Raize.

Soal harga, Toyota Raize dibanderol OTR di wilayah Jatim mulai Rp 230-an juta hingga Rp 270-an juta.

Sementara itu dalam test drive dengan rute halaman Auto2000 A Yani, Surabaya menuju ke Highland Grill Gunung Arjuno di Dusun Gemuk Utara, Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, akselesari mesin Toyota Raize terkesan cukup stabil.

Mesin 1.000 CC dengan silinder tiga, berhasil menaklukkan medan arus lalu lintas di sepanjang Jalan A Yani, Kota Surabaya dan kepadatan arus lalu lintas tol Waru hingga Sidoarjo. Tarikan yang ringan, terasa pada pedal gas dengan transmisi otomatis tersebut.

"Untuk test drive ini kami bawa semua yang transmisi otomatis. Karena saat ini kecenderungan pembeli atau mayoritas juga memilih yang transmisi otomatis. Terutama di Surabaya Raya dan sekitarnya," jelas Judianto.

Aki, salah satu peserta test drive, mengakui bila mengendarai Raize terasa sekali sebagai mobil SUV, meski mesin dan silindernya hanya 1000 CC dan 3 silinder.

"Sebelumnya saya merasa akan sama dengan mobil bermesin 1.000 CC lainnya yang kurang daya. Tapi ternyata Raize tidak begitu," ungkap Ekky.

Bahkan saat ditanjakan dengan lebar jalan terbatas, saat masuk Jalan Anjasmoro, sebagai akses ke kawasan kebuh teh Wonosari, Lawang, Raize tampil cukup stabil. Tidak ada hentakan dan mampu meluncur dengan aman dan nyaman. kbc7

Bagikan artikel ini: