Direktur Holding: Keterbukaan rendemen PTPN XI harus jadi rujukan bagi 34 PG lain

Kamis, 10 Juni 2021 | 21:26 WIB ET

BONDOWOSO, kabarbisnis.com: Direktur Produksi dan Pengembangan Holding Perkebunan, Mahmudi mengapresiasi kinerja pabrik gula PTPN XI dan berharap transparansi perolehan rendemen tebu digiling yang diterapkan di PTPN XI ditiru oleh pabrik gula lainnya.

Hal ini disampaikan oleh Mahmudi saat melakukan kunjungan kerja di PG Pradjekan di Jawa Timur, Rabu (9/6/2021). Mahmudi mengungkapkan bahwa kedatangannya ke PG Prajegan untuk melihat secara langsung proses penggilingan dan penentuan rendemen yang diterapkan secara transparan di PG tersebut.

“Hari ini saya sedang berada di PG Prajekan PTPN XI, dimana tahun lalu pabrik gula ini adalah PG terbaik dari sisi performa pabriknya. Kunci sukses kemitraan adalah keterbukaan, hari ini kita lihat bersama bagimana beliau perwakilan petani mengikuti rit demi rit, memantau berapa besar rendemen yang diberikan oleh PG Prajekan ini," ujar Mahmudi.

ia juga menegaskan, jika keterbukaan dalam penentuan rendemen ini bisa menjadi contoh di seluruh PG PTPN group. "Saya yakin temen-temen akan bersemangat dan pasti mitra akan puas dengan keterbukaan yang kita lakukan. Mari kita contoh, hal seperti ini akan memberikan penguatan dalam kinerja gula yg lebih bagus, terimakasih, saya berharap ini bisa dikopi di 34 PG yang giling di tahun 2021 ini,“ jelasnya didepan perwakilan petani yang memantau rendemen di PG Pradjekan.

Perwakilan petani tersebut turut memantau rendemen yang dihasilkan oleh tebu petani yang digiling setiap hari dan menginformasikan kepada mitra petani yang lainnya.

"Apa yang kami pantau ini kami sampaikan juga kepada PG lain, raihan rendemen di sini transparan," imbuh Irfan perwakilan petani yang hadir di PG Pradjekan.

Direktur PT Perkebunan Nusantara XI Tulus Panduwidjaja yang mendampingi kunjungan tersebut mengungkapkan, transparansi rendemen tebu petani yang digiling tidak hanya di PG Pradjekan saja melainkan diseluruh PG PTPN XI.

"Keterbukaan rendemen tebu sudah lama diterapkan diseluruh PG PTPN XI, sehinga stakeholder bisa memantau melalui dashboard Analisa Rendemen Individu atau ARI. Kami memegang kepercayaan yang diberikan oleh mitra dan ini bagian dari core value AKHLAK yang diharapkan Menteri BUMN mendasari aktivitas kita semua," terangnya lebih lanjut.

Giling tahun 2021 PG Pradjekan mentargetkan produksi gula sebesar 341 ribu ton naik dari realisasi tahun 2020 yang sebesar 324 ribu ton, sedangkan target gula produksi sebesar 30 ribu ton realisasi 2020 sebesar 26 ribu ton dengan target rendemen 8,37 realisasi 2020 sebesar 8,11.kbc6

Bagikan artikel ini: