Kunjungan turis asing anjlok, wisatawan lokal stabil di kuartal I

Rabu, 30 Juni 2021 | 15:15 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno melaporkan kunjungan wisatawan asing alias turis asing ke Indonesia di kuartal I-2021 masih mengalami penurunan. Di sisi lain, tingkat kunjungan wisatawan domestik ke berbagai destinasi wisata tanah air menunjukkan adanya peningkatan. Bahkan, cenderung stabil.

"Kinerja sektor pariwisata di kuartal pertama, ini kalau kita lihat memang kunjungan wisatawan asing anjlok. Tetapi wisatawan nusantara mulai stabil," tegasnya dalam Talkshow bertajuk Menata Wisata Daerah Menuju Pemulihan, Selasa (29/6/2021).

Dia mencontohkan, di Bali, tingkat kunjungan wisatawan domestik saat ini terbilang tinggi. Yakni mencapai angka 6 ribu sampai 8 ribu kedatangan turis domestik per hari. "Untuk per provinsi lainnya juga meningkat," ucapnya.

Peningkatan kunjungan wisatawan domestik tersebut tak lepas dari terus tumbuhnya rasa kepercayaan akan keamanan berbagai destinasi dari paparan virus Covid-19. Menyusul, terus bergulirnya program sertifikasi Clean, Health, Safety, dan Environment (CHSE) hingga percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di berbagai wilayah Tanah Air. kbc10

Bagikan artikel ini: