Jaga mobil tetap prima, jangan lupa rutin cek volume pelumas

Minggu, 4 Juli 2021 | 08:46 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Menjaga agar kendaraan tetap prima dan aman di jalan, kita musti juga perhatian terhadap kendaraan secara berkala. Tidak terkecuali pengecekan volume oli pada kendaraan. Aktivitas ini dapat dilakukan secara mandiri oleh sang pemilik kendaraan.

"Apakah volumenya sudah mulai berkurang atau kualitasnya sudah menurun. Hal ini penting dilakukan terlebih sebelum mobil dipergunakan untuk berkendara jarak jauh yang memerlukan penggunaan mesin selama berjam-jam," tukas Samsudin, Aftersales Support PT Astra International - Peugeot.

Mengecek oli mesin caranya cukup mudah. Seperti pada mesin mobil  Peugeot 3008 SUV atau 5008 SUV, sudah terdapat deep stick alias batang pengecek yang rata-rata terpasang di bagian samping mesin. Lewat batang indikator ini, pemilik kendaraan bisa mendapatkan gambaran kondisi kualitas dan volume oli mesin dan dapat menilik masalah yang mungkin ada.

Prosedur pengecekan oli kendaraan umum dilakukan saat kondisi mesin kendaraan dalam keadaan dingin atau belum dipergunakan. Namun, ada juga produsen oli yang menganjurkan agar mengecek oli setelah memanaskan mobil. Alasannya, saat sebagian oli masih di atas pasca melumasi komponen mesin setelah mobil dipanaskan, pada bak mesin biasanya sudah berkurang dan hal volume pada bak terserbut lah yang diukur.

Langkah ini harus dipahami pemilik dalam melakukan prosedur yang tepat. Agar proses pengecekan benar-benar akurat dan tidak membuat kerja mesin jadi berat.

Salah satu caranya adalah membaca petunjuk perawatan mobil. Karena beberapa produsen oli ada yang menganjurkan mengganti oli mobil sebelum menggunakan mobil atau ketika olinya masih dingin.

Saat pengecekan pastikan mobil terparkir di permukaan rata. Hal ini untuk mendapatkan pembacaan yang akurat, sekaligus memastikan bahwa oli tidak berkumpul di salah satu sisi tangki oli.

Buka kap mobil dan temukan tongkat celup atau deep stick di samping area mesin. Kebanyakan mobil, di bagian atas tongkat celup ada pengait berwarna merah, oranye atau kuning. Bentuknya melingkar atau kotak mencuat menjauhi mesin dan condong ke salah satu sisi. Biasanya dimasukkan ke dalam penuntun tongkat celup dengan lebar seukuran pensil.

Sekarang tinggal tarik dan bisa mengecek kondisi oli. Jangan lupa siapkan tisu atau kain yang sudah tidak terpakai, gunanya untuk menyeka oli dan mengecek konsistensi dan volumenya. kbc10

Bagikan artikel ini: