Tangkal varian Delta, Menkes kejar target vaksinasi 5 juta dosis per hari

Selasa, 6 Juli 2021 | 15:29 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah terus mendorong percepatan vaksinasi masyarakat untuk menekan penyebaran virus Covid-19 terutama varian Delta.

Menurut Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, penyuntikan vaksinasi Covid-19 akan diupayakan mencapai target 1 juta per hari, kemudian 2 juta per hari pada Agustus 2021 bahkan mencapai 5 juta per hari jika memungkinkan.

"Pak Presiden mengarahkan agar dipastikan 1 juta vaksinasi di Juli ini terus dicapai, dan beliau di Agustus pengen 2 juta, dan beliau tambahkan kalau perlu dinaikkan sampai 5 juta," kata Menkes dalam konferensi pers virtual, Selasa (6/7/2021).

Adapun terkait pasokan vaksin, Menkes menegaskan stoknya mencukupi. Pada bulan Juli, akan datang 31 juta dosis vaksin dan pada Agustus akan datang 45 juta dosis vaksin.

"Jadi kira-kira di Juli ini 1 juta dosis harusnya bisa capai," kata Menkes.

Pihaknya juga sudah menyiapkan antisipasi kenaikan lonjakan kasus Covid-19 terutama varian delta.

"Karena varian ini sangat cepat penyebarannya, dimana kira-kira provinsi yang kemungkinan ada lonjakan lagi," katanya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menekankan program vaksinasi Covid-19 jadi kunci dalam menjaga momentum pertumbuhan ekonomi. Terdapat dua target dalam vaksinasi yaitu meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap varian baru virus Covid-19 dan juga pendorong pertumbuhan ekonomi.

"Untuk itu kekeetatan imunitas yang bisa diluncurkan di masyarakat melalui vaksinasi menjadi syarat yang penting, dan juga pelaksanaan protokol kesehatan. Sehingga kondisi dari Covid-19 tetap bisa dikendalikan, namun pemulihan ekonomi tetap bisa dipertahankan," jelasnya.

Oleh karenanya, Sri Mulyani pun menilai percepatan program vaksinasi Covid-19 jadi syarat yang sangat penting. Menurutnya, penyuntikan vaksin bisa diperbanyak tidak hanya jadi 2 juta dosis per hari, tapi hingga 3 juta dosis per hari.

"Ini sebuah target yang luar biasa tinggi. Dan tadi bapak Presiden (Jokowi) menyampaikan bahwa kerjasama seluruh pihak harus dilakukan untum meningkatkan target vaksinasi ini," ujar Sri Mulyani. kbc10

Bagikan artikel ini: