Kadin Surabaya galang solidaritas pelaku usaha untuk hadapi lonjakan Covid-19

Kamis, 8 Juli 2021 | 22:20 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Surabaya menggalang gerakan solidaritas untuk membantu penanganan pandemi Covid-19 yang saat ini melonjak dengan adanya varian Delta yang mennyebar begitu cepat.

"Saat ini Kota Surabaya menghadapi masa yang penuh tantangan. Dalam 2 hari terakhir (5-7 Juli), 11 RS swasta besar di surabaya sudah melakukan lock down emergency room atau Ruang Gawat Darurat), yang artinya tidak ada lagi ruangan yang tersedia untuk menampung pasien covid-19," ujar Ketua Kadin Surabaya, M. Ali Affandi, Kamis (8/7/2021).

Adapun Rumah Sakit Pemerintah Kota dan Provinsi masih buka, tapi sudah kelebihan kapasitas. "Rumah Sakit Darurat di Lapangan Tembak Kenjeran baru saja dibangun dan sudah menerima pasien covid sejak tadi malam. Dengan mengetahui kondisi seperti ini, kita tidak bisa membiarkannya begitu saja, kita semua membutuhkan tangan dan tangan untuk melawan covid 19 terutama varian Delta ini," jelas Andi, sapaan akrabnya.

Oleh karena itu, lanjut Andi, Kadin Surabaya ikut menggalang solidaritas dengan mengikuti gerakan "Surabaya Memanggil", sebuah gerakan sosial yang berusaha mengajak semua pihak bergotong royong membantu penanganan pandemi Covid-19. "Kadin Surabaya) berkomitmen untuk sepenuhnya untuk mendukung gerakan ini," ujarnya.

Andi mengatakan, saat ini para pelaku usaha memang juga dalam kondisi sulit. Namun, dia yakin, pelaku usaha Surabaya memiliki jiwa kerelawanan yang tinggi untuk membantu Surabaya.

"DNA pelaku usaha Surabaya adalah DNA pahlawan, saya yakin semua tergerak hatinya untuk kita saling membantu dalam situasi sulit ini," papar Andi.

Kadin Surabaya pun mengajak pelaku usaha utnuk berdonasi, mulai baju hazmat, sarung tangan non-steril, sarung tangan panjang, masker N95, masker bedah, nurse cup, faceshield, hand sanitizer, multivitamin, tabung oksigen dan regulator, masker oksigen dewasa, nasal oksigen, dan non-rebreathing mask. Juga menggalang donasi unntuk obat terapi pemulihan.

"Donasi juga bisa disampaikan melalui rekening Kadin Surabaya yang sudah kami sosialisasikan kepada para pelaku usaha. Kita bersama-sama bergandengan tangan melewati masa sulit ini," ujar Dr. dr. Asra Al Fauzi, Sp.BS(K), M.M, ketua Komite Penanganan Covid Kadin Surabaya.kbc6

Bagikan artikel ini: