Mulai 12 Juli, tarik tunai via ATM dinaikkan jadi Rp20 juta

Jum'at, 9 Juli 2021 | 11:11 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bank Indonesia (BI) menyesuaikan batas penarikan tunai di ATM yang menggunakan teknologi chip dari maksimal Rp15 juta per hari menjadi Rp20 juta. Kebijakan ini mulai berlaku pada 12 Juli 2021 sampai dengan 30 September 2021 mendatang.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyebut perubahan dilakukan guna mendukung kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat agar menekan laju Covid-19.

"BI menaikkan batas maksimal dana untuk penarikan tunai melalui mesin ATM dari Rp15 juta menjadi Rp20 juta tiap rekening dalam satu hari untuk kartu ATM yang menggunakan teknologi chip," ungkapnya dikutip dari siaran resmi, Kamis (8/7/2021).

Erwin mengatakan, kenaikan batas maksimal penarikan tunai kartu ATM hanya berlaku untuk mesin ATM dengan teknologi chip. Oleh karena itu, BI mengimbau bank untuk mempublikasikan kepada masyarakat daftar lokasi ATM yang dapat melakukan penarikan tunai dengan limit baru.

Dia juga mengingatkan bank dan pemangku kepentingan lain untuk terus menjaga dan menjalankan keberlangsungan pelaksanaan tugas dan layanan publik yang aman.

"BI mengajak masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan memberlakukan 6M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas, dan menghindari makan bersama," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: