Staf KSP serahkan donasi ultah Moeldoko ke petugas pemakaman

Sabtu, 10 Juli 2021 | 10:50 WIB ET

JAKARTA - Perwakilan tim Kantor Staf Presiden (KSP) pada hari Jumat (9/7) menyerahkan tanda kasih berupa donasi sebesar Rp 150 juta kepada para petugas pemakaman di TPU Rorotan, Jakarta Utara.

Seperti yang telah diketahui, pada Kamis (8/7) Moeldoko merayakan ulang tahunnya yang ke-64. Perayaan ulang tahun kejutan yang diadakan secara virtual oleh para staf KSP diakhiri dengan inisiatif untuk memberikan sumbangan kepada keluarga petugas makam TPU di Jakarta.

Dana yang terkumpul dalam waktu kurang dari 30 menit ini berasal dari seluruh jajaran staf KSP mulai dari deputi, staf ahli, staf khusus hingga setingkat tim pamdal (pengamanan dalam), pramusaji, pramukantor, dan teknisi.

“Ini adalah bentuk persembahan dari kami para staf KSP dalam rangka merayakan ulang tahun Bapak Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang ke 64. Ini bentuk tanda kasih dari kami atas kerja keras para petugas pemakaman yang bekerja siang dan malam mengurus jenazah COVID-19," kata Luky Krismondo, salah satu perwakilan staf KSP yang sehari-harinya bertugas menjadi pramukantor.

Sementara itu, TPU Rorotan di Jakarta Utara sempat menjadi sorotan publik karena sebuah video yang beredar di sosial media yang menunjukkan sejumlah ambulans mengantri saat mengantar jenazah COVID-19. Dalam video tersebut pun terlihat bahwa sejumlah eskavator digunakan untuk mempercepat penggalian makam.

TPU Rorotan dibuka sejak bulan Maret dengan total kapasitas petak makam sebanyak 7.200. Per tanggal 7 Juli, TPU Rorotan telah menampung pemakaman sebanyak 2.780 orang. Rencananya, area TPU akan terus mengalami perluasan.

"Saya pernah sakit juga. Saya pernah dinyatakan positif hingga harus isoman, namun terpaksa baru 10 hari sudah harus langsung kerja lagi," ungkap Sukino, selaku Kepala Satuan TPU Rorotan.

"Saya sedih kalau temen-temen sampai malam belum pulang karena banyaknya pekerjaan. Bahkan mereka bekerja hingga pukul 12 malam," lanjutnya.

Data dari Satgas Nasional COVID-19 pada hari Kamis (8/7) menunjukkan penambahan kasus kematian akibat COVID-19 sebanyak 852 kasus, menjadikan total kematian akibat COVID-19 secara nasional sebanyak 63.760 orang.

Sementara itu, Indonesia mencatat jumlah kematian akibat COVID-19 tertinggi dalam sehari pada Rabu lalu dengan kasus mencapai 1,040 kematian.

Bagikan artikel ini: