Semester I/2021, Elnusa bukukan kontrak Rp6,5 triliun

Selasa, 13 Juli 2021 | 14:33 WIB ET

JAKARTA - Perusahaan jasa hulu migas, PT Elnusa Tbk (ELSA) pada semester pertama 2021 berhasil membukukan kontrak kerja konsolidasi Rp 6,5 triliun. Jumlah tersebut setara 75% dari total target Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2021 yakni Rp 7,7 triliun.

Sekretaris Perusahaan PT Elnusa Tbk Ari Wijaya menjelaskan, diraihnya kontrak ini berkat keberagaman portofolio jasa yang dimiliki Elnusa. Di antaranya total solution services seperti jasa perawatan sumur serta operation maintenance. Selain itu, segmen jasa penunjang juga memberikan kontribusi pada capaian tersebut. Sebagian besar kontrak tersebut dari Pertamina Group.

"Meskipun segmen ini sedikit terkoreksi pada jasa eksplorasi karena mundurnya beberapa proyek hulu migas. Selain itu, pembatasan pemerintah di masa pandemi memberikan dampak pada segmen distribusi & logistik energi,” jelas Ari dalam keterangan tertulis, Selasa (13/7/2021).

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, kata Ari, akan berdampak pada meningkatnya biaya operasional. Perseroan juga telah mengaktifkan Emergency Response Team, sebagai langkah antisipasi jika ada karyawan dan/atau keluarganya yang terkena Covid19.

Kendati demikian, Ari optimistis, melalui optimalisasi strategi diversifikasi portofolio dapat mendukung konsolidasi ke depannya. Saat ini, Elnusa masih memiliki beberapa kontrak yang sedang berjalan atau akan mulai pada beberapa segmen di antaranya oil field service, EPCOM, data management, dan distribusi energi.

Sementara itu, pada akhir Juli 2021, Elnusa berencana menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan secara elektronik. Rencana tersebut sudah diumumkan melalui keterbukaan informasi ke Otoritas Jasa Keuangan dan Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan nomor surat L9.000D.013C-2021.046 tertanggal 29 Juni 2021.

RUPS Tahunan ini menjadi kali pertama perseroan menggelar secara elektronik melalui aplikasi Easy KSEI, disamping para pemegang saham yang berkenan hadir secara fisik.

Bagikan artikel ini: