Kaltimex Group and Oxford Business Group luncurkan laporan intelejen ESG tentang perkembangan industri energi

Jum'at, 30 Juli 2021 | 08:02 WIB ET

JAKARTA - Kaltimex Group melalui kemitraan bersama dengan Oxford Business Group (OBG) baru saja meluncurkan ESG Intelligence Report terbaru yang membahas berbagai peluang bagi para pelaku usaha sektor energi untuk terlibat dalam pembangunan ramah lingkungan di berbagai negara Asia. Hal ini sejalan dengan penerapan solusi terintegrasi dan proyek berkelanjutan yang menjadi fondasi utama dalam rencana pertumbuhan jangka panjang di wilayah ini.

ESG Intelligence Report ini menampilkan analisis mendalam mengenai prinsip-prinsip ESG (environmental, social, dan governance) yang mendorong pembangunan sektor energi yang inklusif di Asia, dengan format laporan yang mudah dipahami dan diakses serta didukung oleh berbagai infografis.

Sejumlah negara Asia seperti Bangladesh, Indonesia, Filipina, dan Singapura mulai menerapkan prinsip-prinsip ESG untuk pembangunan jangka menengah dan panjang. Komitmen ini sejalan dengan banyak negara lain di seluruh dunia yang juga mulai berupaya menerapkan Sustainable Development Goals yang diterbitkan oleh PBB (UN SDGs).

Pelanggan OBG dapat mengakses informasi terperinci mengenai berbagai target pembangunan berbasis ESG dalam peta jalan pengembangan di keempat negara ini. Beberapa contoh dari target tersebut meliputi peningkatan penggunaan energi terbarukan, teknologi ramah lingkungan, pengurangan emisi, dan peningkatan pengelolaan limbah. Semua ini sesuai dengan komitmen yang disebutkan dalam Paris Agreement, sebuah perjanjian internasional yang bertujuan untuk menanggulangi dampak perubahan iklim dan melibatkan berbagai negara dari belahan dunia, termasuk ASEAN.

Laporan tersebut juga membahas peran penting Kaltimex Group selama dua dekade terakhir mendorong revolusi hijau dengan menghadirkan teknologi energi berkelanjutan di seluruh Asia melalui berbagai kemitraan multinasional. Kaltimex Group juga menerapkan Strategi ESG yang terintegrasi dan memprioritaskan ethical business dalam rangka meningkatkan nilai tambah jangka panjang bagi para stakeholder, masyarakat, dan lingkungan.

Berkomentar mengenai peluncuran laporan ini , KK Ralhan, Group Chairman, Kaltimex Group, mengatakan, “Prinsip-prinsip ESG telah tertanam dalam budaya perusahaan kami selama bertahun-tahun, dan sekarang saat yang tepat untuk strategi terintegrasi menjadi fokus yang lebih tajam. Kami akan mendorong berbagai perusahaan kecil dan menengah lainnya untuk ikut menerapkan prinsip ESG yang telah menjadi bagian integral di berbagai perusahaan multinasional dan kami tidak boleh ketinggalan”.

Jade Currie, Regional Editor for Asia, OBG, mengatakan. “Laporan ini menunjukkan bahwa prinsip ESG menjadi semakin penting dalam sektor energi di Asia, sejalan dengan rencana SDG PBB dan di kawasan untuk mendorong pertumbuhan jangka panjang bagi semua negara.”

 “Kami memproyeksikan akan semakin banyak perusahaan yang beroperasi sesuai dengan prinsip ESG, sejalan dengan semakin banyaknya negara di kawasan Asia yang meningkatkan upaya untuk mendorong pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan dan inklusif. Komitmen terpadu dan holistik ini tampaknya akan menghadirkan peluang besar bagi para pelaku usaha baik di sektor energi maupun sektor lainnya, sehingga dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pemerataan pembangunan di Asia,” ujar Jade.

ESG Intelligence Report merupakan bagian dari laporan yang saat ini sedang diproduksi oleh OBG bersama dengan mitranya. Selain itu, OBG bersama dengan mitranya juga meluncurkan instrumen riset yang sangat relevan serta berbagai artikel dan wawancara terkait dengan perkembangan dan prospek pemulihan ekonomi di sejumlah negara khusus.

Bagikan artikel ini: