Kembangkan UMKM, Apical bina usaha koperasi karyawan

Jum'at, 30 Juli 2021 | 13:54 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan karyawan melalui pengembangan potensi kegiatan perekenomian, Apical Group yang berada di wilayah operasi Dumai mendukung pengembangan Koperasi Karyawan SDS Complex berlokasi di Jalan Raya Lubuk Gaung.

Koperasi yang dibentuk sejak April 2007 bertujuan untuk memberikan bantuan kepada para karyawan Apical di Dumai untuk mengembangkan potensi kegiatan perekonomian melalui UMKM yang dibina dan diberikan pelatihan langsung oleh Dinas Koperasi Dumai.

Program bantuan produktif untuk usaha mikro karyawan ini merupakan kerja sama pihak Dinas Koperasi Dumai dan Management Apical Group yang di dampingi oleh Ketua Koperasi Budiman Ratmaja dan Bendahara, Mafiarek Riski.

Apical Group, salah satu eksportir minyak kelapa sawit berkelanjutan yang merupakan bagian dari RGE Group mempunyai peran besar dan penting dalam kesuksesan koperasi karyawan ini dan perkembangannya ke depan.

"Sejak tahun 2007 koperasi karyawan dibentuk melalui alokasi modal usaha sebesar Rp. 1.800.000,00 untuk para anggota yang berjumlah 30 orang. Pada tahap awal pengelolaan bidang usaha dilakukan hanya berfokus di kantin karyawan," ujar Kamero Bangun, Manager Humas Apical Group di Dumai dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (30/7/2021).

Kegiatan operasional, koperasi ini memiliki tiga orang pengawas yang terdiri dari dua orang dari anggota koperasi dan satu orang dari staf Human Resource Development yang kemudian menyiapkan landasan kebijakan untuk program tersebut termasuk, pengalokasikan anggaran, mekanisme pendataan, penyaluran, hingga pengawasan.

"Beberapa tahun terakhir, perkembangan pesat dari koperasi kami telah memberanikan kami untuk membuka mini market. Dengan adanya mini market Koperasi Karyawan Complex SDS di pinggir jalan raya utama sekitar perusahaan, menjadi suatu kebanggaan tersendiri untuk para karyawan dan management Apical Group di Dumai yang memberikan inspirasi bagi koperasi yang lain," ujar Kamero.

Saat ini jumlah anggota koperasi sudah menjadi 542 orang dengan nilai asset mencapai Rp 2,500,000,000 disertai beragam bidang usaha dan keanggotaan dari unit-unit lain dalam Apical Group.kbc11

Bagikan artikel ini: