Universitas Airlangga mulai uji coba vaksin Merah Putih ke 8 ekor monyet

Selasa, 3 Agustus 2021 | 11:27 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyatakan Vaksin Merah Putih mulai diuji coba terhadap delapan ekor monyet. Uji coba terhadap monyet ini merupakan tahapan sebelum memasuki uji klinis.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek, Nizam mengatakan, delapan ekor monyet telah tiba di laboratorium biosafety level-3 Universitas Airlangga untuk keperluan uji coba ini.

"Monyet-monyet tersebut akan menerima suntikan Vaksin Merah Putih yang telah dikembangkan oleh tim peneliti Unair sejak tahun lalu," ujar Nizam melalui akun Instagramnya, seperti dikutip, Senin (2/8/2021).

Nizam mengklaim uji preklinis terhadap genetic modified (GM) mice telah sukses menghasilkan kekebalan yang bagus. Kini uji pada primata jenis makaka akan dilakukan sebelum peneliti melakukan uji klinis terhadap manusia.

Nizam pun memohon doa dan dukungan agar pengembangan Vaksin Covid-19 ini dapat segera berhasil. Dia mengatakan pengembangan vaksin merah putih ini berdasarkan strain virus lokal yang ada di Indonesia, sehingga diharapkan memiliki efikasi lebih tinggi ketimbang vaksin impor.

"Vaksin Covid-19 yang dikembangkan di Unair berdasar strain virus lokal Indonesia, diharapkan efikasinya lebih tinggi dari vaksin impor," ujarnya.

Vaksin Merah Putih dikembangkan oleh tujuh lembaga di Indonesia. Selain Universitas Airlangga, pengembang lainnya ialah Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Padjadjaran. kbc10

Bagikan artikel ini: