Usai pensiun tahun ini, Valentino Rossi berniat seriusi balap roda empat

Jum'at, 6 Agustus 2021 | 08:15 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pembalap veteran Italia, Valentino Rossi mengumumkan rencana untuk pensiun dari arena MotoGP saat kontraknya dengan Yamaha berakhir pada 2021 ini. Dia akan memungkasi kariernya di lintasan balap yang sudah berlangsung selama 25 tahun.

Rossi mengumumkan putusannya di Austria, Kamis (5/8/2021), ketika bersiap menghadapi balapan MotoGP seri ke-10 musim ini.

"Ini momen yang menyedihkan, karena sulit untuk mengatakan dan mengetahui bahwa tahun depan saya tidak akan melakukannya balapan dengan sepeda motor," jelasnya.

Lalu apa yang akan dilakukan setelah pensiun? Awal musim ini, pembalap Italia tersebut menyebut tertarik untuk menekuni balapan roda empat, terutama GT cars.

"Ketika saya selesai dengan MotoGP, saya ingin balapan dengan mobil-mobil itu," kata Rossi seperti dikutip Crash, Kamis (5/8/2021).

"Saya seorang fanatik reli dan mengikuti kejuaraan dunia. Tetapi bagi saya reli itu sulit, sangat menuntut dan saya ingin balapan di sirkuit karena saya lebih menyukainya," imbuhnya.

Rossi mengklaim memiliki pengalaman balap dengan GT3 (mobil sport) yang merupakan kategori penting dan menarik karena memiliki banyak mobil pabrikan yang berbeda dari Ferrari, Porsche, Bentley, Aston Martin dan semuanya.

"Jadi saya pikir saya akan membalap dengan mobil jenis itu ketika saya berhenti di MotoGP," ungkapnya.

"Tapi saya tidak tahu di kejuaraan mana - ada kejuaraan Endurance, (Le Mans) 24 jam - tapi saya berharap bisa balapan di suatu tempat di sana," sambung Rossi.

Valentino Rossi merupakan salah sosok tersukses di arena balap. Dia merupakan Juara Dunia sembilan kali, termasuk tujuh kali di arena MotoGP. Ia sudah menjalani 400 balapan, meraih 115 kemenangan dan 235 podium.

Musim ini, Rossi membela tim Petronas Yamaha SRT dan menjalani musim terberat dalam kariernya. Pembalap Italia itu hanya menorehkan satu finis peringkat sepuluh besar di Mugello, Italia.

Sebagai pembalap paling senior di grid MotoGP, Rossi menjadi satu-satunya pembalap dalam sejarah yang memenangkan kelas 125cc, 250cc, 500cc, dan MotoGP.

Pembalap berusia 42 tahun itu kini memiliki tim balap sendiri, VR46, yang akan meramaikan gelaran kelas premier pada 2022. Salah satu kursi balapan tim itu sudah ditempati Luca Marini, saudara tiri Rossi. kbc10

Bagikan artikel ini: