Dukung terminal Teluk Lamong sebagai Green Port, ITS serahkan motor listrik Gesits

Jum'at, 6 Agustus 2021 | 09:14 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui unit usaha PT ITS Tekno Sains menghadirkan produk inovasinya berupa motor listrik Gesits guna menunjang kegiatan operasional di PT Terminal Teluk Lamong. PT ITS Tekno Sains secara langsung menyerahkan motor listrik Gesits tersebut di kantor Terminal Teluk Lamong, Kamis (5/8/2021) sore.

Terminal Teluk Lamong sebagai Green Port se-Asia Pasifik terus menunjukkan konsistensinya dalam mempertahankan konsep terminal ramah lingkungan dengan penggunaan Gesits sebagai kendaraan operasional. "Ke depannya akan lebih banyak lagi penggunaan peralatan bertenaga listrik yang dapat didukung oleh ITS," tutur Direktur Utama PT Terminal Teluk Lamong Faruq Hidayat dalam keterangan tertulis, Jumat (6/8/2021).

Direktur PT ITS Tekno Sains Dr Ir I Ketut Gunarta yang hadir dalam seremonial penyerahan GESITS menyampaikan bahwa motor bertenaga listrik ini bebas polusi suara maupun udara serta didukung dengan perawatan yang mudah dan terjangkau. "Gesits ini dapat didesain sesuai permintaan industri terkait, contohnya dengan penambahan sirine dan lambang industri ini," tambahnya.

Lebih lanjut, dosen Departemen Teknik Sistem dan Industri ini mengungkapkan, ITS dengan bantuan pemerintah juga mengadakan pelatihan bagi para teknisi dan mendukung seluruh diler Gesits yang ada di Indonesia. "Nantinya (ITS) tidak hanya menangani motor listrik, namun juga mobil-mobil listrik yang telah hadir di Indonesia," jelasnya.

Usai penyerahan Gesits secara simbolik, Direktur Keuangan, SDM, dan Umum PT Terminal Teluk Lamong Wahyu Widodo langsung melakukan uji coba motor Gesits yang telah diserahkan tersebut di kawasan Terminal Teluk Lamong.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD yang turut hadir mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PT Terminal Teluk Lamong yang telah mendukung dan mengapresiasi karya anak bangsa ini. "Penggunaan Gesits ini menunjukkan bahwa produk anak negeri tidak kalah dengan produk luar negeri lainnya," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: