PT SIER bareng BUMN klaster Danareksa-PPA serahkan bantuan kepada teman disabilitas

Senin, 9 Agustus 2021 | 07:23 WIB ET

SURABAYA - Perusahaan milik negara pengelola kawasan industri, PT SIER, diwakili oleh Sekretaris Perusahaan Fitrina Kusuma Dewi dan Kepala Departemen Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Sri Priharti telah menyerahkan bantuan paket sembako kepada para teman disabilitas dari Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus (YPKABK). Serah terima tersebut dilakukan pada Sabtu (7/8/21) bertempat di Shelter YPKABK, Jl. Manyar Sabrangan 1A, Surabaya.

Ketua YPKABK, Dr. Sawitri Retno Hadiati, dr., MQHC, menjelaskan bahwa sebelum pandemi kegiatan yang biasa dilakukan di luar shelter berupa penyuluhan-penyuluhan untuk anak disabilitas dan orang tua pendamping di sekitar kecamatan domisili. Namun dikarenakan pandemi, kegiatan dilaksanakan secara online dan offline. Untuk kegiatan online berupa talkshow dimana sang anak disabilitas diajak berperan sebagai host. Apabila sang anak belum mampu, maka akan diwakilkan oleh orang tua pendampingnya.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk melatih supaya anak berani bertanya dan berani mengemukakan pendapat. Narasumbernya akan membagikan info atau inspirasi dari kisah nyata dan juga pengalaman orang tua di luar negeri. Bukan sebagai pembanding, tetapi hanya untuk sharing saja," papar Sawitri.

Status shelter yang ditempati ini merupakan rumah kontrakan. Ada satu shelter lain yaitu di Jl. Manggis Tengah IV No. T58, Perumahan Pondok Chandra Indah, Waru. Di shelter Manyar ini terdapat 12 anak dan 12 orang tua serta 4 pembimbing dari yayasan. Shelter ini hanya tempat pelatihan bukan tempat tinggal. Program dari YPKABK di shelter ini adalah pemberian pelatihan keterampilan dan mental kepada anak dan orang tua agar bisa lebih mandiri dan tidak bergantung pada yayasan.

“Kami ada rencana bikin panti yang memang diperuntukkan untuk para anak yang yatim piatu, tidak ada orang tua, tidak ada yang mengurus atau korban KDRT. Jadi harus sesuai sasaran nanti untuk pantinya," tambah Sawitri.

Anak Berkebutuhan Khusus yang dirangkul oleh YPKABK bukan sembarangan, karena melalui seleksi terlebih dahulu untuk mendapatkan program beasiswa dan harus didukung penuh oleh orang tua sebagai pendamping.

“Kegiatan ini merupakan kerjasama dari 14 BUMN dan 5 anak perusahaan BUMN yang tergabung dalam BUMN Anggota Klaster Danareksa-PPA untuk membantu masyarakat khususnya teman disabilitas di masa pandemi seperti sekarang ini. Total bantuan yang diberikan dari BUMN Anggota Klaster Danareksa-PPA berupa 100.000 botol air mineral InFresh yang merupakan produk dari Indra Karya, dibagikan ke RS Darurat Wisma Atlet Jakarta, serta  2.710 paket sembako dan masker untuk para teman disabilitas di 7 kota, salah satunya Surabaya. Pembagian di Surabaya ini diwakili oleh PT SIER, sebanyak 100 paket berisi  sembako dan masker dibagikan untuk teman disabilitas bekerja sama dengan Thisable Enterprise," jelas Fitrina.

Sri Priharti menyampaikan harapannya semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk membantu para teman disabilitas dalam menghadapi kesulitan di masa pandemi ini. kbc9

Bagikan artikel ini: