Genap 60 tahun, Bank Jatim 'Melaju Tanpa Batas'

Kamis, 19 Agustus 2021 | 08:15 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Tepat pada 17 Agustus 2021, telah enam dekade PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (bankjatim) berkiprah di industri perbankan. Selama itu pula bankjatim berusaha untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan transaksi perbankan.

"Melaju Tanpa Batas" menjadi simbol semangat bankjatim untuk terus meningkatkan layanan, inovasi, kreatifitas, serta kinerja keuangan secara keseluruhan demi mewujudkan visi menjadi BPD nomor satu di Indonesia.

Pertumbuhan kinerja yang terus berkelanjutan selama lima tahun terakhir menjadi salah satu bukti bahwa jargon "Melaju Tanpa Batas" layak disematkan dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 60 tahun bankjatim.

Bertempat di ruang Bromo Lantai 5 Kantor Pusat Bank Jatim, pada Selasa (17/8/2021), dan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 76 Republik Indonesia (RI), bankjatim merayakan hari jadi ke 60 tahun secara virtual dan sederhana mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia. Namun demikian keadaan tersebut tidak lantas menurunkan semangat kemerdekaan dalam memperingati HUT RI & bankjatim.

Beberapa rangkaian kegiatan dan lomba secara virtual diselenggarakan untuk menunjukkan semangat kemerdekaan tahun ini. Bertemakan "Lomba Digital", bankjatim menggelar beberapa lomba untuk para pegawai melalui platform-platform digital kekinian yang sedang marak di tengah masyarakat. Sebut saja TikTok Challenge, lomba Karaoke Online, E-sport Mobile Legend dan PUBG, lomba Karya Tulis Ilmiah, Cerdas Cermat online dan lomba-lomba virtual lainnya menjadi bukti kreatifitas bankjatim yang tanpa batas.

Selain kegiatan tersebut, sebagai rasa syukur bankjatim kepada Tuhan Yang Maha Esa, rangkaian HUT bankjatim juga diisi dengan kegiatan-kegiatan sosial. Bertempat di Aula Hayam Wuruk Kodam V/Brawijaya, pada Rabu (18/8/2021), bankjatim menyerahkan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada Kodam V/Brawijaya dan RSUD Dr. Sutomo masing-masing berupa Mobil Operasional dan Mobil Darurat Jantung.

Selain itu bankjatim juga memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 dengan total sebesar Rp. 466.500.000, yang diberikan masing-masing kepada orang penggali makam & driver ambulance, pedang kecil, tenaga kesehatan, guru ngaji & majelis taklim, panti asuhan, driver ojek online, serta pengemudi angkot.

bankjatim juga mengadakan program donor darah dan skrinning donor konvalesen sebagai bentuk kepedulian bankjatim terhadap para pasien yang saat ini sedang membutuhkan pasokan darah di beberapa rumah sakit yang ada di Surabaya.

Dihadiri langsung oleh Direktur utama bankjatim Busrul Iman, Direktur TI & Operasi bankjatim Tonny Prasetyo, Panglima Kodam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Suharyanto, Plt. Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Jawa Timur Jumadi, serta Direktur Umum & Keuangan RSUD Dr. Sutomo Primada Kusumaninggar, kegiatan dilaksanakan dengan memenuhi protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Direktur Utama bankjatim Busrul Iman menyampaikan bahwa bankjatim hadir untuk masyarakat Jawa Timur. bankjatim setiap tahun secara rutin mengalokasikan CSR di bidang Kebudayaan, Pendidikan, Kesehatan, dan Sosial sebagai tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) kepada masyarakat.

"Kali ini masih dalam rangkaian HUT RI dan HUT bankjatim, kami mengadakan serangkaian kegiatan yang penuh dengan nuansa sosial dalam rangka memberikan nilai manfaat kepada masyarakat sehingga bankjatim bisa terus sustainable," kata Busrul dalam keterangannya, Kamis (19/8/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Panglima Kodam V/Brawijaya, Mayjend Suharyanto mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada bankjatim yang telah memberikan CSR berupa 1 mobil operasional untuk mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh jajaran TNI. "Mobil operasional ini nantinya akan membantu mempermudah pergerakan kami dari satu titik kegiatan ke titik yang lain," ujar Suharyanto.

Sementara itu Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Jawa Timur, Jumadi yang hadir mewakili Gubernur Jawa Timur menjelaskan bahwa bankjatim merupakan salah satu entitas kami dan BUMD penyumbang dividen terbesar bagi Jawa Timur.

"Seperti kita ketahui bahwa semester satu yang lalu kinerja keuangan bankjatim tumbuh signifikan seiring dengan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur 7,05%," jelas Jumadi.

"Kegiatan ini juga merupakan bentuk komitmen bankjatim untuk menyalurkan CSR dan Bantuan Sosial kepada masyarakat Jawa Timur, sehingga memberikan stimulus bagi masyarakat yang tentunya memiliki dampak positif pada pertumbuhan ekonomi Jawa Timur," imbuh Jumadi.

Busrul menambahkan, kinerja yang terus tumbuh selama lima tahun terakhir juga menjadi bukti bahwa bankjatim dapat menjawab tantangan yang cukup berat selama pandemi Covid-19. Terbukti semakin tangguh dan tumbuh, kinerja keuangan bankjatim semester I tahun 2021 menunjukkan performa yang bagus bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year/YoY).

Berdasarkan kinerja per Juni 2021, aset bankjatim tercatat Rp 95,48 triliun atau tumbuh 26,90% (YoY), laba sebelum pajak bankjatim tembus Rp 1,04 triliun atau tumbuh 5,56% (YoY) sedangkan laba bersih bankjatim tercatat Rp 803 miliar atau tumbuh 4,32% (YoY). Selama semester I-2021, Dana Pihak Ketiga (DPK) bankjatim mencatatkan pertumbuhan 27,36% (YoY) yaitu sebesar Rp 81,52 triliun. Meskipun masih di tengah-tengah pandemi, bankjatim juga tetap mampu mencatatkan pertumbuhan kredit yang positif yaitu tumbuh 8,72% (YoY) atau sebesar Rp 42,60 triliun. kbc7

Bagikan artikel ini: