Trending di 6 negara, Kadin: Video klip #THISISINDONESIA efektif promosikan pariwisata nusantara

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 16:14 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Musisi sekaligus YouTuber, Atta Halilintar resmi merilis lagu berjudul #THISISINDONESIA. Lagu bertemakan Indonesia itu berhasil diterima dengan baik oleh masyarakat, bahkan bukan hanya di Tanah Air, tetapi sampai ke mancanegara.

Penerimaan lagu #THISISINDONESIA di masyarakat Indonesia dan internasional begitu singkat. Buktinya, setelah dirilis pada 15 Agustus 2021, lagu #THISISINDONESIA langsung trending kurang dari 24 jam, bahkan di 6 negara sekaligus. Di Indonesia trending 1, Hongkong Trending 3, Singapore Trending 5, Taiwan Trending 7, Malaysia Trending 19 dan di Dubai lagu This Is Indonesia menjadi Trending ke 23.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur Adik Dwi Putranto menyatakan apresiasinya atas keberhasilan lagu #THISISINDONESIA. Menurut pengusaha yang juga konsen  melakukan promosi pariwisata ini, video klip lagu tersebut sangat efektif dalam mengenalkan budaya dan pariwisata Nusantara di mata dunia. Hal ini terlihat dari langsung diterimanya lagu tersebut oleh masyakarat luas dan menjadi trending di 6 negara.

"Keren memang syair dan video klipnya. Mewartakan tentang keragaman budaya dan pariwisata di banyak destinasi wisata Nusantara. Saya sangat apresiasi, apalagi syair lagunya juga membangkitkan semangat patriotisme, semangat gotong royong dan optimis. Memang kita akan kuat dan menang apabila semangat gotong royong kita tinggi," ujar Adik Dwi Putranto ketika dihubungi, di Surabaya, Sabtu (21/8/2021).

Memang, kesuksesan lagu #THISISINDONESIA ini tidak lepas dari lirik, tema, kolaborasi hingga konsep video klip yang dikemas dengan spektakuler. Bersama dengan Rizal Mantovani, Atta menyutradarai video klipnya dengan menggunakan teknologi computer-generated imagery (CGI) yang menampilkan keindahan alam dan ciri khas Indonesia, seperti baju, kesenian, budaya, dan ikon-ikon Indonesia.

Video klip ini mengangkat konsep futuristik tanpa menghilangkan sisi Indonesia yang megah dan elegan. “Untuk proyek ini saya ingin benar-benar spesial, dan saya meminta kepada Rizal Mantovani untuk membuat video klip. Sempat beradu konsep, sampai akhirnya dipilihlah video klip yang sekarang rilis ini,” jelas Atta dalam siaran pers yang diterima kabarbisnis.com.

Ketika proses syuting juga benar-benar dibuat nuansa perdesaan, seperti di Papua yang dikemas lebih futuristik dan elegan, ditambah lagi ada penari yang menampilkan tarian-tarian kontemporer. Dalam video klip lagu #THISISINDONESIA, Atta juga mengajak serta Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia. Menurut dia, musik tidak hanya sekedar memainkan instrumental tapi bisa juga menjadi ekspresi dari membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme.

Sandiaga Uno berdiri di atas landscape Indonesia dan dikelilingi ikon-ikon Indonesia, seperti Candi Borobudur, Gunung Merapi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sementara BEAUZ, bermain DJ di atas awan dengan landscape alam Indonesia yang indah.  Menurut duo DJ asal keturunan asli Indonesia itu, begitu senang bisa terlibat dengan Atta Halilintar, selain lagunya bagus, konsep dan penggarapan video klipnya juga sangat bagus sekali. “Kami sangat bangga dan senang bisa diberikan kesempatan untuk berkolaborasi di proyek lagu terbarunya Atta,” ungkap duo DJ tersebut.

Tidak berhenti sampai di situ, melalui lagu yang bergenre Hip Hop Etnic ini juga Atta berkolaborasi dengan sang istri, yaitu Aurelie Hermansyah, Diva Indonesia sekaligus ibu mertua, Krisdayanti, dan ibunda Lenggogeni Faruk Halilintar.kbc6

Bagikan artikel ini: