Kadin Surabaya apresiasi kolaborasi HIPMI dan Pemkab Gresik percepat vaksinasi

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 19:13 WIB ET
 Ketua Kadin Kota Surabaya, M. Ali Affandi
Ketua Kadin Kota Surabaya, M. Ali Affandi

SURABAYA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Surabaya mengapresiasi kiprah nyata Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) yang menggeber vaksinasi di Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Gresik pada 16-21 Agustus 2021. Vaksinasi oleh HIPMI tersebut mampu melayani 15.000 dosis vaksin untuk masyarakat pesisir Gresik, UMKM, penyandang disabilitas, pengusaha muda, pengemudi ojek online, dan sebagainya.

”Ini luar biasa, kolaborasi antara HIPMI dan Pemkab Gresik, untuk membantu mempercepat vaksinasi. Masyarakat sangat terbantu. Komitmen Pemkab Gresik dalam mendukung dan memfasilitasi vaksinasi yang dilakukan oleh dunia usaha juga sangat kuat,” ujar Ketua Kadin Kota Surabaya, M. Ali Affandi, Sabtu (21/8/2021).

Andi, sapaan akrab Ali Affandi, juga beberapa kali hadir di Gresik untuk melihat pelaksanaan vaksinasi tersebut. ”Sebagai keluarga besar HIPMI, saya juga melihat langsung pelaksaaan vaksinasi di Gresik. Semua berjalan relatif tertib. Antrean tertib. Semuanya menaati protokol kesehatan. Dan pendaftaran yang dilakukan sebelumnya sangat membantu peserta datang dengan tertib,” jelas Andi.

Andi juga mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi kolaborasi HIPMI dan Pemkab Gresik itu yang mampu melayani warga di atas target yang ditetapkan. Sasarannya juga sangat beragam, dari berbagai latar belakang warga. 

”Awalnya target 10.000 dosis, ternyata bisa melampaui hingga 15.000 dosis selama pelaksanaan. Ini hal yang layak diacungi jempol, ternyata organisasi dunia usaha sangat mampu dan profesional dalam membantu pemerintah mempercepat vaksinasi,” tuturnya.

Andi menilai, kolaborasi pemerintah daerah dan organisasi pengusaha dalam pelaksanaan vaksinasi adalah sebuah keniscayaan. Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian dalam menangani pandemi, termasuk terkait pelaksanaan vaksinasi. 

”Seperti saya lihat di Gresik, HIPMI memfasilitasi semuaya, bahkan memberikan donasi 5 kilogram beras per peserta vaksin. Itu kan sangat membantu pemerintah daerah dalam melindungi warganya. Pemda menjadi sangat efektif dan efisien. Dan bagusnya, Pemkab Gresik sangat mendukung langkah HIPMI tersebut,” ujar Andi.

Andi juga mencontohkan di daerah lain di mana pemerintah daerahnya berkolaborasi dengan organisasi dunia usaha untuk melakukan vaksinasi. ”Kolaborasi itu sangat membantu perluasan dan percepatan vaksinasi," jelasnya.

Bagikan artikel ini: